Berita dari tangan anda ke meja redaksi – Tabloid Jubi Hotspot

Tampilan layar Tabloid Jubi HotspotPerkumpulan Jujur Bicara di Jayapura, Papua mengelola tabloid sejak 2010 diĀ  yang diberi nama: Tabloid Jubi. Impian mereka untuk memberitakan masalah-masalah di Papua terkendala oleh luasnya wilayah, buruknya infrastruktur yang berakibat langsung menjadi mahalnya liputan berita.

Maka perkumpulan ini memanfaatkan warga untuk memberi laporan via SMS. Setelah menggulirkan upaya ini melalui tim kecil mereka, kendala utama yang dihadapi adalah “sampah informasi”, banyak informasi berupa “surat kaleng” yang sulit untuk diverifikasi dan tidak dapat masuk menjadi berita di Tabloid. Karena itu Tabloid Jubi hanya memiliki tim kecil yang dipercaya untuk mengirimkan informasi untuk dicetak sebagai berita.

Walaupun begitu mereka tetap ingin memperluas wilayah liputan untuk keadilan informasi. Karena itu setelah menerima hibah dari Ciptamedia pada bulan Agustus 2014, mereka mulai bergerak dan memperluas wilayah liputan dengan melakukan kampanye dan pelatihan di Kabupaten Jayawijaya, Kabupaten Yahukimo, Kabupaten Puncak, Kabupaten Lani Jaya, Kabupaten Nabire, Kabupaten Mimika, Kabupaten Merauke, Kabupaten Biak-Numfor, Kabupaten Sorong, Kabupaten Manokwari dan Kabupaten Jayapura. Namun antusiasme warga juga datang dari wilayah non target seperti Teluk Wondama, Teluk Bintuni, Supiori, Sorong Selatan, Paniai, Dogiyai. Perkumpulan Jubi pun mengoptimalkan seluruh sumber daya yang dimiliki untuk dapat memverifikasi laporan warga, dimana verifikator lokal di wilayah target juga bertanggung jawab untuk memverifikasi laporan warga dari wilayah non-target yang terdekat dengan tempat bertugasnya. Untuk mengatasi persoalan geografis, proses verifikasi dilakukan dengan mengandalkan teknologi komunikasi telepon seluler.

Gambar diatas mengilustrasikan proses dari laporan via SMS yang dimasukkan warga hingga diverifikasi, berita via SMS ini kemudian muncul pada situs arus utama seperti Bintang Papua dan Suara Pilar Demokrasi.

Nah, sudah siapkah anda untuk ikut berpartisipasi dalam menyuarakan kejadian kejadian disekitar anda via SMS?

 

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Print this pageEmail this to someone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *