Bersolusi Mengatasi Sampah Bersama Bebassampah.id

Kota Bandung memiliki masalah yang kritis, yaitu sampah. Tiap harinya lebih dari 1.500 ton sampah dihasilkan oleh warga Bandung, 60% diantaranya berasal dari pemukiman. Sebagian besar dari sampah tersebut tidak dipilah dan langsung diangkut ke tempat pembuangan akhir Sarimukti yang diperkirakan akan penuh di tahun 2016.

Jika dibiarkan, tragedi sampah yang longsor pada tahun 2005 bisa saja terulang dan Bandung kembali mendapat julukan “Bandung Lautan Sampah”. Menanggapi masalah ini, Bebassampah.id menawarkan solusi untuk pengelolaan sampah. Seperti apa solusinya? Mari lihat video berikut.

Bebassampah.id adalah portal informasi terkait pengelolaan sampah kota yang partisipatif (melibatkan seluruh aktor: masyarakat, swasta dan pemerintah), Saat ini masih fokus menangani pengelolaan sampah di Bandung. Namun, tidak menutup kemungkinan akan diperluas ke kota-kota lainnya.

Informasi yang diberikan masyarakat soal persampahan nantinya akan dipetakan, seperti lokasi pembuangan sampah, pengepul, bank sampah dan tempat pengomposan. Selanjutnya, informasi tersebut akan diverifikasi oleh Detektif Bebas Sampah. Detektif ini juga menulis hasil kunjungan ke lokasi pengelolaan sampah di blog pribadi mereka. Sebagian ada yang dimuat di Bebassampah.id. Cek tulisannya di sini.

Anda tidak ingin julukan “Bandung Lautan Sampah” didapatkan kembali bukan? Jangan frustasi dan “ngomel” liat sampah menumpuk. Mari dukung dan bersolusi bersama Bebassampah.id. Caranya mudah, cukup buka situsnya dan lakukan pendaftaran, seperti gambar di bawah ini.

daftar bebassampah

Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi Bebassampah.id (0822 1000 7474, [email protected] atau kunjungi Twitternya @BebasSampahID).

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Print this pageEmail this to someone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *