165 Papan Informasi Digital Kelurahan

165 Papan Informasi Digital Kelurahan

Papan Informasi Digital (digital signage) sebagai pengganti papan pengumuman di Kantor Kelurahan untuk menampilkan berbagai informasi secara dinamis, terkini dan multimedia.

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Print this pageEmail this to someone
Nomor Urut 165
Nama Lengkap Inisiator Gempur Sandhiasma R
Lokasi Bontang, Kalimantan Timur
Judul Proyek Papan Informasi Digital Kelurahan
Lama Aktivitas 12 Bulan
Target Pengguna /
Penerima Manfaat
Masyarakat yang memanfaatkan pelayanan kelurahan serta kantor kelurahan itu sendiri
Ukuran Keberhasilan

Set perangkat yang terintegrasi, mudah dipasang, mudah dimodifikasi, modular, tidak tergantung terhadap vendor serta mudah digunakan.
Pada akhir program, seluruh kantor kelurahan di Kota Bontang telah terpasang perangkat papan informasi digital ini.

Tipe Konten Perangkat TV sebagai Output keluaran, TV layar datar LCD akan lebih baik.
Mini-PC sebagai client - arduino, raspberry-pi, cubieboard atau android tv box
Mini PC atau komputer sebagai server, opsional bila menginginkan multi-lokasi dengan kontrol terpusat.
Strategi Distribusi

Perangkat akan pasang di kantor-kantor kelurahan dengan berberapa skema, hibah perangkat, pinjaman perangkat, sewa perangkat ataupun jual bergaransi. Tiap-tiap perangkat akan tersedia modul, buku panduan penggunaan dan bila perlu pelatihan & pendampingan selama masa program.
Untuk dapat diduplikasi, kami juga akan berbagi skema perangkat, skema jaringan dan instruksi kerja bagi orang lain yang ingin membuat perangkat serupa.

Dana yang Diminta Rp. 220 Juta
DESKRIPSI PROYEK

Papan Informasi Digital (digital signage) sebagai pengganti papan pengumuman di Kantor Kelurahan untuk menampilkan berbagai informasi secara dinamis, terkini dan multimedia.

DEFINISI MASALAH

Kantor Kelurahan, kantor desa ataupun kantor pemerintahan lain selalu memiliki papan pengumuman, papan informasi, yang berisi aturan-aturan, peta wilayah, tupoksi ataupun foto pejabat. Papan informasi ini sudah usang, tidak menarik, tidak terkini dan tidak jarang pula berharga mahal hanya untuk sebuah poster himbauan. Papan Informasi Digital (digital signage) sudah jamak digunakan di kota besar dan industri periklanan. Teknologi serupa dapat diadopsi dan dimodifikasi untuk menyesuaikan dengan kebutuhan, fleksibilitas perangkat, SDm dan anggaran.

CARA MENGATASI

Dengan mengunakan perangkat televisi sebagai display keluaran, mini-pc berbasis android atau linux sebagai pengendali serta server (opsional) maka papan informasi digital (digital signage) sudah dapat tersedia di kantor kelurahan.
Informasi yang disajikan dapat berupa grafik, chart, alur pelayanan, video profile, galleri foto dan banyak lagi lainnya.
Papan informasi di kantor kelurahan akan menjadi dinamis, multi konten, multi media, mudah di duplikasi, mudah di update dan relatif murah.