361 Desa Kita

361 Desa Kita

DesaKita merupakan sebuah sistem berbasis multimedia platform yang bertujuan untuk memudahkan pengelolaan desa/kelurahan dalam bidang kesehatan, pendidikan, pengelolaan sampah, infrastruktur dan wirausaha, dengan melibatkan komunikasi aktif dua arah antara masyarakat dan pemerintah.

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Print this pageEmail this to someone
Nomor Urut 361
Nama Lengkap Inisiator Atet Sugiharto
Lokasi Bogor, Jawa Barat
Judul Proyek DesaKita
Lama Aktivitas 7 Bulan
Target Pengguna /
Penerima Manfaat
Seluruh masyarakat di Desa Cikeas, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor
Ukuran Keberhasilan

Pengukuran terhadap keberhasilan proyek dilakukan berdasarkan kriteria sebagai berikut :
1. Prosentase keterlibatan masyarakat minimal 50% dari total jumlah penduduk desa/kelurahan (diukur dari jumlah no HP atau email yang tercatat dalam sistem DesaKita).
2. Jumlah masalah yang teridentifikasi setiap bulannya berkurang minimal 10%.

Tipe Konten Konten yang akan tercakup dalam DesaKita terdistribusi melalui SMS, e-mail atau web, terkait dalam bidang kesehatan, pendidikan, pengelolaan sampah, infrastruktur serta wirausaha, meliputi:
1. Pelaporan masalah yang terjadi di masyarakat (teks)
2. Sosialisasi pengetahuan kepada masyarakat (teks, audio, video)
3. Saran dan solusi dari pakar di bidang terkait (teks, audio, video)
4. Informasi potensi dan peluang di wilayahnya (teks, grafis, video)
5. Status progres dari solusi masalah yang sedang dilakukan (teks, video)
Strategi Distribusi

Strategi penyebaran konten akan dilakukan secara online (70%) dan offline (30%). Secara online melalui SMS, email dan web, sedangkan secara offline dalam bentuk leaflet atau buletin desa.

Kuantintas Output Konten Jumlah konten yang ditargetkan untuk mendukung proyek ini adalah: 1. SMS dan e-mail: minimal dapat dikirimkan 2 sms dan e-mail per hari serta diterima minimal 50 sms dan e-mail per hari. 2. Video: minimal dapat disebarkan 2 video dalam seminggu dengan durasi kurang dari 10 menit per video. 3. Audio: minimal dapat disebarkan 2 audio podcast dalam seminggu dengan durasi kurang dari 20 menit per audio. 4. Buletin desa: minimal dapat disebarkan 1x dalam sebulan dengan jumlah 1000exp dalam format 1 halaman A4.
Dana yang Diminta Rp. 750 Juta
DESKRIPSI PROYEK

DesaKita merupakan sebuah sistem berbasis multimedia platform yang bertujuan untuk memudahkan pengelolaan desa/kelurahan dalam bidang kesehatan, pendidikan, pengelolaan sampah, infrastruktur dan wirausaha, dengan melibatkan komunikasi aktif dua arah antara masyarakat dan pemerintah.

DEFINISI MASALAH

Kondisi tata kelola pemerintahan secara umum di Indonesia saat ini masih cukup memprihatinkan. Pemerintah dirasakan masih belum mengakomodir kebutuhan masyarakatnya secara maksimal, sehingga masyarakat cenderung bergerak sendiri-sendiri untuk mencari solusi terhadap masalah yang dihadapinya, yang seringkali justru menimbulkan konflik antara masyarakat dan pemerintah, atau bahkan antara anggota masyarakat itu sendiri. Hal ini terjadi disebabkan karena beberapa hal, diantaranya: 1. Belum adanya jalur komunikasi dua arah antara pemerintah-masyarakat yang efektif 2. Terbatasnya jumlah aparat pemerintah 3. Luasnya area wilayah pemerintahan 4. Masih rendahnya tingkat pendidikan masyarakat.

CARA MENGATASI

DesaKita sebagai sebuah platform berbasis multimedia, akan menjadi alat yang akan menjembatani komunikasi aktif dua arah antara masyarakat dan pemerintah desa dalam bentuk: 1. Portal web/mobile serta sistem manajemen SMS, dimana masyarakat dapat menyampaikan berbagai hal terkait bidang yang ditangani oleh DesaKita, dan akan terkirim langsung kepada pejabat desa terkait, baik melalui SMS atau email. Selanjutnya, pejabat pemerintah dan masyarakat akan merespon dan memberikan progresnya juga melalui sistem SMS dan email tersebut. 2. Para pakar di bidang terkait, akan membantu memberikan saran dan pencerahan jika diperlukan, terhadap masalah yang dihadapi beserta alternatif solusinya 3. Portal dan sistem SMS juga akan memberikan informasi pengetahuan, peluang dan potensi yang dapat dimanfaatkan oleh penduduk lokal.