Evaluasi Detektif Sampah (1)

800px-Maret_6_2015_PPB_Evaluasi_Detektif3

Jumat     6 Maret 2015
Tujuan     Evaluasi Detektif Sampah (1)
Lokasi     YPBB
Alamat     Jl. Sidomulyo 21, Bandung
Jam     16:00-18:30
Hadir
Anilawati Nurwakhidin
Mikha Agustina
Jessisca Fam

Ringkasan:
Pertemuan evaluasi detektif BSID yang pertama ini dilakukan setelah para detektif berkegiatan selama 1 bulan. Acara dibuka dengan menonton cuplikan – cuplikan dari film Addicted to Plastic dan The Age of Stupid. Tanggapan para peserta bermacam- macam, namun benang merah yang bisa diambil adalah plastik sudah sangat banyak dipakai di kehidupan kita, dan dampaknya adalah serpihan- serpihan sampah sudah mencemari sungai dan lautan, sehingga serpihan tersebut juga termakan oleh biota laut.

Patut diakui, sulit hidup tanpa plastik. Apakah kita bisa hidup tanpa plastik? Tentu saja bisa, tapi sangat sulit. Plastik adalah salah satu bukti kemajuan teknologi, yang ternyata terbukti mencemari lingkungan. Peran pemerintah dan industri sangat penting dalam mengelola timbulan plastik yang timbul, pemerintah membuat regulasi untuk kemasan produk industri yang berupa plastik. Hal ini termasuk dalam konsep EPR (Extended Producer Responsibility), yang bisa dibahas lebih lanjut di pertemuan detektif selanjutnya.

Walaupun masalah plastik merupakan masalah yang sangat serius, kita bisa memilih untuk menebar semangat solusi dan mengubah gaya hidup, misalnya dengan mengurangi penggunaan kantong plastik. Salah satu detektif berkomitmen untuk mencoba diet kantong plastik. Plastik biodegradable yang sekarang sering dipakai oleh supermarket ternyata tidak terlalu signifikan degradasinya, sehingga masih menimbulkan potensi pencemaran juga. Para detektif setuju untuk menggunakan acara nonton bareng seperti ini sebagai pengayaan dan pengingat untuk terus menebar semangat solusi khususnya di bidang persampahan.

Setelah nonton film dan diskusi, acara dilanjutkan dengan evaluasi progres kerja selama sebulan pertama secara tertulis oleh para detektif. Untuk bulan Maret, diharapkan di minggu ketiga para detektif sudah bisa memasukkan data secara online. Mereka juga akan mencari titik baru dan menyunting tulisan di blog masing- masing. Masih banyak kaidah penulisan blog yang masih terlalu panjang, oleh karena itu para detektif disarankan untuk membuat ulang tulisan mereka dengan panduan yang lebih baik, namun tidak usah menghapus tulisan yang sebelumnya. Para detektif juga diajak untuk ikut siaran di radio.

Kegiatan selanjutnya adalah pembagian honor operasional bulan pertama dan kit untuk para detektif yang belum mengambil. Setelah itu, acara ditutup dengan penggalangan cap tangan dari Perempuan Anti Korupsi yang bertujuan untuk meningkatkan upaya mencegah korupsi pribadi dan keluarga.

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Print this pageEmail this to someone

Comments are closed.