Inhouse Training Desa Tanjungsari

Minggu     31 Agustus 2014
Tujuan     Inhouse Training Desa Tanjungsari
Inhouse Training Pemdes Tanjungsari
Lokasi     Kantor Desa Tanjungsari, Kecamatan Sukahaji, Majalengka
Alamat     Jalan Jatisampay no 36, Majalengka Wetan, Majalengka
Jam     19.00-23.00 WIB
Hadir
Yossy Suparyo
Soep Riyanto
Muhammad Syarif
Edi Supriadi, BPD Desa Tanjungsari
Cosman Supriatman, Kaur Keuangan Desa Tanjungsari
Muhammad Husen, Operator Desa Tanjungsari
Deden Deni Sulistira, LPM Desa Tanjungsari
Lilly Romli, BPD Desa Tanjungsari
Tasrip, Kepala Desa Tanjungsari
Tada Sudianto, Kaur Ekonomi dan Pembangunan Desa Tanjungsari
Ahmad M Sonhaji, Kaur Kesra
Tarwidi, Kaur Pemerintahan
Iyus, Kaur Pemerintahan

Ringkasan:
Inhouse Training Desa Tanjungsari diselenggarakan untuk meningkatkan kemampuan Pemerintah Desa Tanjungsari dalam pengelolaan website desa, terlebih Desa Tanjungsari terpilih sebagai tuan rumah Festival Desa 2.0 pada 26-27 September 2014. Acara ini berlangsung di Kantor Desa Tanjungsari dan ikuti oleh Perangkat Desa dan Badan Perwakilan Desa (BPD) Tanjungsari. Selama pelatihan, mereka mempelajari teknik video streaming dan konferensi video, mengunggah data .PDF, dan mengelola komentar.

Untuk menyelenggarakan video streaming dan konferensi video, Soep Riyanto, IT Support Program Desa 2.0, menyarankan menggunakan fasilitas Google Hangout. Google Hangout merupakan salah satu layanan Google yang bisa dimanfaatkan secara gratis oleh pengguna akun Google. Google Hangout versi gratisan bisa memfasilitasi 10 akun untuk menyelenggarakan konferensi video, sekaligus bisa merekam dan menyiarkan aktivitas konferensi tersebut.

Pada acara ini dilakukan konferensi dengan Pemerintah Desa Kampung, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Gunungkidul yang tengah menyelenggarakan Lokakarya Desa Membangun. Selama 30 menit, dua desa tersebut berbagi pengalaman dan gagasan tentang pengelolaan sumber daya desa di wilayahnya masing-masing. Pada akhir konferensi, Pemerintah Desa Kampung dan sejumlah desa lainnya di Kecamatan Ngawen, akan menghadiri Festival untuk bersilaturahmi dengan desa-desa lainnya.

Selain itu, Pemdes Tanjungsari belajar mengunggah dan mengelola berkas PDF dalam website desa. Sebagian besar berkas laporan desa berbentuk PDF dan harus dipublikasikan sebagaimana diatur dalam Pasal 82 UU No 6 Tahun 2014. Agar tampilan berkas PDF bisa dilihat secara apik di halaman web, Pemdesa Tanjungsari bisa memanfaatkan layanan pada portal berbagi data, seperti Slideshare. Kita tinggal memasang dukungan sisip (embeded) yang tersedia dalam portal tersebut untuk menyajikan data berbentuk PDF di halaman website desa.

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Print this pageEmail this to someone

Comments are closed.