Pelatihan Mengelola Website Desa

Tujuan     Memberikan dampingan pada pemerintah dan masyarakat desa untuk memperdalam pengetahuan dan keterampilan mengelola website desa
Lokasi     Kantor Desa Maja Selatan
Alamat     Desa Maja Selatan, Kecamatan Maja, Kabupaten Majalengka
Jam     09.00-16.00

Hadir
Kepala Desa Maja Selatan
Pemerintah Desa Maja Selatan
Lembaga Kemasyarakatan Desa Maja Selatan
Relawan TIK Majalengka

Ringkasan:
Program Desa 2.0 wilayah Majalengka, Jawa Barat, menyelenggarakan pelatihan singkat pengelolaan website desa. Pelatihan berlangsung di Balai Desa Maja Selatan, Rabu (17/12). Acara dimulai pada pukul 09.00 hingga 16.00. Meski pelatihan diadakan di jam kerja, kegiatan ini tidak menganggu layanan kepada masyarakat.

Pemerintah Desa Maja Selatan memiliki empat komputer dekstop. Tiga komputer digunakan untuk pelatihan, sementara sisanya digunakan untuk pelayanan ke masyarakat. Desa ini belum memiliki komputer jinjing (laptop) sehingga tiga desktop musti dipindah ke ruang pelatihan.

Peserta pelatihan diikuti 12 orang dari elemen kepala desa, perangkat desa, dan lembaga kemasyarakatan di Desa Maja Selatan. Peserta yang hadir antara lain Agus Budiman (Kepala Desa), Dedi Supriadi (Sekertaris Desa), E Sumardi (Kepala Urusan Umum), Kholil (Kepala Urusan Pemerintahan), Pai Nurpai (Kepala Urusan Ekonomi dan Pembangunan), Rastim (Kepala Dusun Salasa), Uday S (Kepala Dusun Senen), Fahril F (Karang Taruna), Liska dan Endeh H (Kader PKK dan Posyandu), serta Ela N (Relawan TIK).

Acara dibuka oleh Kepala Desa Maja Selatan, Agus Budiman. Dia berharap semua aparat desa bisa mengoperasikan komputer supaya mendukung pekerjaan administrasi pelayanan ke masyarakat. Selama ini, sebagian besar pekerjaan administrasi dilakukan oleh satu atau dua perangkat desa karena yang lain belum menguasai keterampilan komputer. Lewat pelatihan ini, para para pamong di Desa Maja Selatan juga bisa menambah pengetahuan akan ilmu komputer.

Untuk memancing keinginan tersebut, perangkat desa diajarkan mengenal sosial media. Diharapkan ketika terbiasa memanfaatkan internet, mempromosikan potensi desa menjadi hal yang dapat dilakukan dalam keseharian pamong desa. Karena saat ini memanfaatkan sosial media untuk mengarusutamakan isu perdesaaan menjadi alat yang murah dan fektif bagi desa.

Kemudian, pelatihan dilanjutkan dengan materi komputer dasar bagi aparat desa yang belum mengenal komputer. Berikutnya, dipandu Relawan TIK dan perangkat desa yang sudah bisa, pamong desa yang lain diajarkan untuk membuat dan menggunakan email untuk keperluan perkerjaan.

Akun email ini juga yang kemudian digunakan untuk membuat akun sosial media Facebook. Rencananya akun facebook tersebut mau langsung dihubungkan denga fan page Desa, akan tetapi karena kendala koneksi maka baru sebagian yang bisa. Kendala inipula yang kemudian menghambat untuk membuat dan belajar sosmed lainnya, Twitter.

Menimbang kendala koneksi internet, pelatihan kemudian kembali dimaterikan dengan pengenalan komputer dasar. Belajar bagaimana membuka file dan mencari file yang dicari dan menbuat surat baru dengan menggunakan format yang telah ada. Mereka belajar bagaimana menyalin dan menempel file di komputer. Sehingga bila pamong lain atau Sekdes berhalangan hadir, tetap bisa melakukan kegiatan administrasi layanan kepada masyarakat.

Mungkin apa yang dilatihkan tersebut untuk sebagian orang adalah hal yang biasa, tapi ternyata jadi hal baru bagi sebagian aparat desa. Terbukti hal ini disambut antusias oleh kadus Rastim. Diharapkan dengan in house training ini, Desa Maja Selatan yang ingin menjadi Desa dengan Teknologi Informasi dan komunikasi (DesTIKa) dapat segera terlaksana.

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Print this pageEmail this to someone

Comments are closed.