Pelatihan Verifikator Lokal Tahap 2

800px-Januari_17_2015_JUBI_Pelatihan_Verifikator_Lokal_Tahap_2

Sabtu – Minggu     17 – 18 Januari 2015
Tujuan     Pelatihan Verifikator Lokal Tahap 2
Lokasi     Hotel Aston Jayapura
Alamat     Jl. Percetakan Jayapura
Jam     09:30 – 17:00 WP
Hadir
Marten Boseren / Biak-Supiori
Eveert Joumilena / Mimika
Arnold Belau / Nabire
Engelberth Wally / Kab. Jayapura
Islami Adisubrata / Jayawijaya
Nees Makuba / Sorong
Frans Kobun / Merauke
Duma Sonda / Manokwari
Dewi Wulandari / Jayapura
Angela Flassy / Jayapura
Yuliana Lantipo / Jayapura
Alberth Yomo / Jayapura
Dominggus A Mampioper / Jayapura
Sindung Sukoco / Jayapura
Juana Mantovani
Rina Oktarianti Maizier
Victor Mambor
Corry Gasperz

Ringkasan:
Latar Belakang Kegiatan
Pelatihan Verifikator Lokal Tahap 2 merupakan pembekalan bagi para verifikator lokal yang tidak mengikuti pelatihan tahap 1 dan merupakan penyegaran bagi para verifikator lokal yang telah mengikuti pelatihan sebelumnya. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasistas verifikator lokal dalam memverifikasi dan mengolah laporan warga menjadi suatu berita yang aktual dan dapat dipertanggungjawabkan agar dapat diteruskan kepada para pemangku kepentingan ataupun pengambil keputusan.

Tujuan Kegiatan
– Memaparkan secara singkat tentang Proyek Situs Laporan Warga Berbasis SMS (tujuan, sasaran, pelaku dan penerima manfaat);
– Memaparkan mekanisme dan alur pelaporan Situs Laporan Warga Berbasis SMS;
– Mengevaluasi capaian-capaian yang diperoleh setelah pelatihan tahap 1;
– Mendiskusikan kendala-kendala yang terjadi di lapangan serta bagaimana menindaklanjuti verifikasi warga kepada para pemangku kepentingan/pembuat kebijakan;
– Mendiskusikan tentang jurnalisme warga dan pembentukan simpul-simpul komunitas jurnalis warga di kabupaten target;
– Mensinergi dan mengkonsolidasikan aktivitas-aktivitas yang dapat dilakukan SDM Perkumpulan Jubi untuk mendukung Proyek Situs Laporan Warga Berbasis SMS.

Hasil dan Tindak Lanjut
– Partisipasi warga terutama dari Merauke, Nabire, Wamena (Jayawijaya), Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura cukup aktif. Dari laporan-laporan yang diinformasikan warga via SMS, persoalan-persoalan yang dihadapi warga di wilayah-wilayah tersebut dapat terpetakan.
– Salah satu yang dihadapi verifikator di lapangan adalah gangguan sinyal dan jaringan sehingga proses pemverifikasian ke pelapor dan pihak-pihak terkait.
– Beberapa kabupaten (Kab. Jayapura & Jayawijaya) telah memiliki komunitas jurnalis warga, namun penguatan kapasitas kepada komunitas-komunitas yang telah terbentuk ini masih diperlukan. Untuk itu, pelatihan di lokasi (on the spot training) perlu dilakukan untuk menguatkan komunitas yang sudah ada dan membentuk komunitas baru di kabupaten-kabupaten yang belum memiliki komunitas jurnalis warga. Pelatihan ini dapat disinergikan dengan program-program yang sudah dijalankan oleh lembaga-lembaga lokal.
– Diusulkan untuk melakukan diskusi terbatas yang melibatkan pihak terkait dan perwakilan warga agar laporan-laporan warga yang telah diverifikasi setelah diteruskan kepada pihak terkait dapat segera ditindaklanjuti oleh para pemangku kepentingan/pengambil keputusan.

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Print this pageEmail this to someone

Comments are closed.