Softlaunching aplikasi Rapotivi di Google Playstore

600px-Febuari_18_2015_KFMP_Soft_Launching_Aplikasi

Rabu     `18 Februari 2015
Tujuan     Softlaunching aplikasi Rapotivi di Google Playstore

Ringkasan:
Pada hari ini aplikasi Rapotivi sudah mulai dapat didownload di google playstore dan website www.rapotivi.org. Masyarakat luas sudah dapat menggunakan aplikasi RAPOTIVI untuk mengadukan tayangan televisi yang tak sehat. Aduan dari masyarakat akan melalui proses verifikasi oleh tim Rapotivi sebelum diteruskan ke KPI. Jika pengguna mengisi data dengan lengkap dan mendeskripsikan penjelasan dengan rinci, maka akan mempermudah tim Rapotivi dalam melakukan proses verifikasi. Jika ditemukan pelanggaran/potensi pelanggaran pada tayangan yang dimaksud, maka aduan tersebut akan diteruskan ke KPI.

Kenapa RAPOTIVI? Kebanyakan industri TV di Indonesia hari ini gagal memenuhi hak warga untuk mendapatkan tayangan TV yang sehat, benar, dan bermanfaat. Atas nama rupiah, stasiun TV terbiasa menyiarkan tayangan dengan muatan kekerasan, menjadikan perempuan objek seks, melecehkan kelompok tertentu (penyandang difabilitas, profesi tertentu, masyarakat adat), atau yang tidak relevan dengan kebutuhan warga, seperti kabar perceraian atau persalinan pesohor. Berita pun sudah diproduksi seturut kepentingan pemilik media, sehingga berita bohong, fitnah, dan tidak berimbang kerap menjadi suguhan yang disajikan TV.

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) adalah lembaga yang dibiayai dari pajak warga untuk mengawasi industri penyiaran. Sayangnya, selain kurang dikenal atau dimanfaatkan publik, kinerjanya juga belum maksimal. Sebab itu RAPOTIVI hadir untuk menjembatani publik dengan KPI, agar lembaga ini bekerja lebih cepat, responsif, dan progresif.

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Print this pageEmail this to someone

Comments are closed.