Sosialisasi kegiatan training & beasiswa OpenBTS di JMR2014

300px-October_25_2014_OBTS_Sosialisasi@JMR2014

Sabtu     25 Oktober 2014     Gambar
Tujuan     Sosialisasi kegiatan training & beasiswa OpenBTS di JMR2014
Kegiatan OpenBTS di JMR2014
Lokasi     Jogya Nasional Musium
Alamat     Jl. Prof. Ki Amri Yahya No. 1, Jogya
Jam     13:00 – 18:00
Hadir
Handri Santoso
Adityo Pratomo
Heru Tjatur
Kurtis

Ringkasan:

Pada acara Jagong Media Rakyat (JMR) 2014, kami berkesempatan untuk melakukan sosialisasi kegiatan Pelatihan OpenBTS kepada para pengunjung acara. Kami diberikan satu booth, yang kami bagi penggunaannya dengan Kurtis dari Endaga. Kita berdua mewakili kegiatan OpenBTS yang lebih besar dan akan kita presentasikan di sore hari.

Selama booth dibuka, kita bisa mendemokan bagaimana OpenBTS bekerja. Ini juga memancing pertanyaan dari beberapa pengunjung, baik mengenai apa itu OpenBTS, cara kerjanya, hingga apa faedahnya bagi rakyat. Selain itu ada rekan dosen dari Unsoed yang juga berminat membeli OpenBTS, hingga lahirlah pertanyaan-pertanyaan teknis yang berujung pada diskusi mengenai bentuk kerja sama potensial di kemudian hari.

Sorenya, kita berkesempatan untuk mempresentasikan di panggung besar tentang OpenBTS. Kurtis dari Endaga membuka presentasi dengan menceritakan bagaimana OpenBTS telah diimplementasikan di sebuah rural area di Papua sebagai BTS yang sudah beroperasi selama 2 tahun. Lalu ia menunjukkan bagaimana bisnis Endaga yang menyediakan kemudahan instalasi box OpenBTS bagi penggunanya.

Setelah presentasi Kurtis, tiba giliran kita untuk presentasi. Pak Handri menceritakan bagaimana implementasi lain dari OpenBTS. Antara lain bagaimana Surya University telah bekerja sama dengan TNI AD untuk memberikan pelatihan OpenBTS berikut beberapa project yang sedang berjalan. Selain itu, kita umumkan juga bahwa asebuah pusat pelatihan OpenBTS akan dibuka di Surya University berkat dana hibah dari Cipta Media Selular. Tak lupa, kita sebarkan formulir singkat yang bisa diisi mereka yang berminat mengikuti training ini. Beasiswa bagi peserta yang datang dari luar Pulau Jawa juga kita umumkan, sehingga bisa menarik mereka yang tinggal bukan di Pulau Jawa untuk ikut pelatihan ini.

Secara keseluruhan, acara ini menjadi ajang pertama bagi kita untuk mensosialisasikan kegiatan pelatihan ini yang cukup berkesan. Banyak masukan teknis serta diskusi seputar implementasi OpenBTS yang bisa dijadikan pertimbangan saat pelatihan ini dimulai nanti. Tentu saja, diharapkan pula program ini bisa mendatangkan banyak pendaftar pelatihan.

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Print this pageEmail this to someone

Comments are closed.