Sosialisasi Situs Laporan Warga Papua Berbasis SMS untuk Mahasiswa se-Papua di Kota Jayapura

Maret_11_2015_JUBI_Sosialisasi_dan_Pelatihan_Mahasiswa

Rabu – Kamis     10 – 13 Maret 2015
Tujuan     Sosialisasi Situs Laporan Warga Papua Berbasis SMS untuk Mahasiswa se-Papua di Kota Jayapura
Lokasi     Kantor Perkumpulan Jubi
Alamat     Jl. Sakura Gang Jati I No. A5 Perumnas II – Waena, Jayapura – Papua
Jam     10:00 – 15:00 Waktu Papua
Hadir     Total peserta yang hadir berjumlah 36 orang terdiri dari 9 perempuan dan 27 laki-laki dan difasilitasi oleh Program Manager, Redaktur Koran Jubi/Tabloidjubi.com dan Verifikator lokal wilayah Nabire. Berikut mereka yang berpartisipasi:
Yohanes F Iyai/ Nabire
Fransisco de Deus/ Merauke
Dipen Yarinap/Puncak Papua
Melianus Duwitau/Intan Jaya
Mario M Yumte/Sorong
Tianus Bagau/Intan Jaya
Isodorus Tebai/Dogiyai
John F Kafiar/Biak-Supiori
Etius Sobolim/Yahukimo
Chealcea Kaisiepo/Biak
Yohana Rumbewas/Biak
Daniel Ndiwaen/Merauke
Kemabri Awan/Puncak
Dice Korwa/Biak
Mery Infandi/Biak
Marius Bofra/Sorong
Frans Pigome/Nabire
Ice Hombau/Intan Jaya
Yulinee Bagubau/Intan Jaya
Yermiah Hae/Sorong
Alex Mujizau/Intan Jaya
Abraham Tobai/Paniai
Yohanes Dogomo/Dogiyai
Pasono Belau/Intan Jaya
Elias Mujizau/Intan Jaya
Daniel Badii/Deiyai
Petrus Arne/Manokwari
Andreas Weleurat/Taninbar
Elias Ndiwaen Mahuze/Merauke
Yustinus Tombi/Boven Digoel
Moses M Arambon/Merauke
Muhamad Munir/Nabire
Timotius Yosa Swabra/Biak
Fila Weyai/Biak
Thea Rumaropen/Biak
Anna Bonggoibo/Biak
Dominggus A Mampioper/Fasilitator
Arnoldus Belau/Co-fasilitator
Rina Oktarianti Maizier

Ringkasan:
Latar Belakang Kegiatan:

Situs Laporan Warga Papua Berbasis SMS adalah sebuah program yang dikelola Perkumpulan Jujur Bicara secara mandiris sejak 2010 dengan tujuan mengatasi kesenjangan informasi dan pengetahuan publik di Tanah Papua yang disebabkan oleh faktor demografis dan geografis Tanah Papua. Situs ini memadukan platform SMS frontline dan Ushahidi.

Saat pertama kali dirintis, situs ini melaporkan berbagai peristiwa terkait kekerasan aparat keamanan terhadap masyarakat sipil, namun seiring dengan meningkatnya partisipasi masyarakat, Perkumpulan Jujur Bicara berupaya memperluas jangkauan informasi dan peristiwa yang dapat dilaporkan melalui situs ini dengan menitikberatkan kepada isu kesehatan, pendidikan serta praktik cerdas yang berkembang di masyarakat. Persoalan-persoalan pendidiakn dan kesehatan merupakan permasalahan yang tidak dapat dilepaskan dengan isu kesejahteraan masyarakat di Tanah Papua, terutama mereka yang tinggal di daerah terpencil dan terisolasi. Sementara praktik cerdas yang berkembang belum sepenuhnya terdokumentasi untuk memberikan dampak kepada masyarakat.

Sejak menerima hibah CMS di awal Juli 2014, partisipasi masyarakat dalam mengirimkan SMS semakin meningkat namun laporan yang diterima dari warga masih lebih berfokus pada isu kekerasan aparat keamanan terhadap masyarakat sipil (masalah HAM dan politik). Untuk mendorong warga agar aktif melaporkan tentang isu-isu kesehatan dan pendidikan, maka Perkumpulan Jujur Bicara melakukan sosialisasi tentang Situs Laporan Warga Papua Berbasis SMS kepada mahasiswa se-Papua di Kota Jayapura.

Mahasiswa dipilih sebagai target sosialisasi karena selain termasuk dalam sasaran proyek, yakni masyarakat, laki-laki maupun perempuan berusia di atas 13 tahun, mahasiswa adalah perwakilan kaum intelektual yang diharapkan mampu berperan sebagai agen perubahan dan membawa dampak kepada masyarakat. Semula mahasiswa yang diundang adalah mahasiswa dari 15 kabupaten pesisir dan pedalaman di Tanah Papua yang sedang menempuh studi di berbagai perguruan tinggi di Kota Jayapura, namun sampai dengan tenggat waktu yang ditentukan, hanya mahasiswa dari 9 kabupaten yang mengkonfirmasi kehadiran mereka, yakni masing-masing dari Kabupaten Biak, Kabupaten Nabire, Kabupaten Paniai, Kabupaten Intan Jaya, Kabupaten Puncak, Kabupaten Yahukimo, Kabupaten Merauke (Provinsi Papua) dan Kabupaten Sorong, Kabupaten Manokwari (Provinsi Papua Barat). Keterwakilan wilayah pesisir dan pedalaman diharapkan dapat mengantisipasi kesenjangan informasi karena faktor demografis dan geografis Tanah Papua.

Tujuan:
– Mensosialisasikan Situs Laporan Warga Papua Berbasis SMS kepada warga (pelajar, mahasiswa, masyarakat umum) sebagai sarana komunikasi dan pembelajaran warga serta alat kontrol terhadap pelayanan publik;
– Menjelaskan mekanisme dan alur pelaporan dalam Situs Laporan Warga Papua Berbasis SMS;
– Memberikan pelatihan singkat tentang penulisan laporan dengan menggunakan format 5W1H yang digunakan dalam pelaporan untuk memudahkan verifikasi laporan oleh verifikator lokal
– Mempraktikkan pembuatan laporan singkat via SMS.

Hasil:
– Peserta mendapatkan sosialisasi tentang Situs Laporan Warga Papua Berbasis SMS;
– Peserta memahami tujuan, sasaran serta alur kerja Situs Laporan Warga Papua Berbasis SMS;
– Peserta mendapatkan pengetahuan dasar tentang cara penulisan laporan dengan menggunakan format 5W1H;
– Peserta mampu mempraktikan cara menulis dan mengirimkan laporan warga. Pada saat praktik peserta dibagi ke dalam kelompok dan ditugaskan untuk membuat laporan singkat dan aktual tentang informasi/peristiwa yang terjadi di lingkungan mereka terutama terkait isu pendidikan, kesehatan dan praktik cerdas. Pada sesi ini Perkumpulan Jujur Bicara memfasilitasi peserta dengan memberikan pulsa insentif sebesar Rp 100,000 kepada masing-masing kelompok (3 kelompok hari pertama, 5 kelompok hari kedua, 7 kelompok hari ketiga).

Rekomendasi dan Tindak Lanjut:
– Peserta dapat berpartisipasi aktif melaporkan informasi/peristiwa yang terjadi di sekitar mereka terutama isu pendidikan, kesehatan dan praktik cerdas.
– Peserta dapat berperan serta untuk menjembatani kesenjangan informasi dan pengetahuan yang disebabkan faktor georgrafis dan demografis Tanah Papua.
– Perkumpulan Jubi memonitor tingkat partisipasi warga untuk melaporkan informasi/peristiwa terkait isu pendidikan, kesehatan dan praktik certas pasca sosialisasi.
– Perkumpulan Jubi merancang dan menyelenggarakan kegiatan serupa untuk mendorong partisipasi warga melaporkan informasi/peristiwa tentang pendidikan, kesehatan dan praktik cerdas.

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Print this pageEmail this to someone

Comments are closed.