325 - CRAYONPEDIA, The Next Generation Learning Environment

Nama Inisiator

Lembaga Crayonpedia

Organisasi

Lembaga Crayonpedia

Topik

Keadilan dan kesetaraan akses terhadap media

Deskripsi Proyek

Inisiatif Crayonpedia memiliki makna suatu inisiatif untuk menyediakan media tempat pembuatan dan penyajian konten edukasi yang terbuka dan mengacu pada staging atau pentahapan pendidikan atau kurikulum.
Crayonpedia merupakan pengembangan dari mediawiki yang menyediakan materi ajar ‘open, life & fun’ yang sesuai standard nasional & internasional, bersifat kolaboratif antara guru, dosen, & pemerhati pendidikan, dari SD s.d. PT, hingga Diklat, yang berkualitas, dapat diakses siapa saja, dimana saja, kapan saja.
Hasil rancang bangun Crayonpedia yang kolektif diproyeksikan sebagai solusi atau jawaban untuk mendatarkan sistem pendidikan di negeri ini. Sekaligus membangun kurikulum “Zeitgeist” atau kurikulum yang mampu beradaptasi dengan semangat dan perkembangan jaman. Crayonpedia memberikan solusi staging atau pentahapan berdasarkan usia atau tingkat pendidikan. Sehingga feeding dan transformasi pengetahuan bisa sinkron dengan pertumbuhan intelegensia dan kejiwaannya. Dengan Crayonpedia para murid, guru, dan masyarakat luas bisa berkolaborasi menyusun materi kurikulum serta berbagi pengalaman dalam mengelola lembaga pendidikan. Sehingga prinsip konstruktivisme dalam praktik pendidikan bisa berlangsung.
Kinerja Crayonpedia yang sesuai dengan anatomi kurikulum pendidikan itu bisa digunakan sebagai alat bantu proses pengajaran di kelas sehari-harinya. Karena karakternya yang bisa menampung multikurikulum dan multiprogram, Crayonpedia bisa menjadi forum untuk pengkajian dan perbandingan kurikulum dari berbagai negara

Masalah yang Diangkat

Proses pendidikan di negara berkembang pada umumnya memiliki rintangan yang sama. Mulai dari rintangan biaya sekolah, kurikulum, mutu pengajar, infrastruktur pendidikan hingga optimasi anggaran pendidikan nasional.
Tantangan lainnya adalah keterbatasan sarana pendidikan yang mampu mendukung pembelajaran berkualitas, inovatif, kreatif, murah, dan mampu menjangkau seluruh wilayah indonesia yang sangat luas secara efisien.
Sedikit dan mahalnya materi ajar berkualitas bagus mengakibatkan yang memiliki adalah dari orang-orang yang mampu mendapatkan, sehingga menjadi tidak merata dan sangat terbatas.
Untuk melompati jurang kesenjangan dan cadas penghalang dibutuhkan “jaring Spiderman” yang berbasis konvergensi Teknologi Informasi dan Komunikasi. Fenomena “The World Is Flat” semakin kentara dan diikuti dengan mendatarnya lembaga ilmu pengetahuan dan teknologi. Sehingga, warga dunia saat ini tidak perlu bersusah payah menggapai pengetahuan dan mengejar ketertinggalan berkat bantuan mesin pencari dan ensiklopedia online.
Untuk mendatarkan sistem pendidikan nasional diperlukan wahana berbagi pengetahuan pendidikan berbentuk ensiklopedia pendidikan online yang bersifat kolaboratif, sesuai kurikulum dan jenjang pendidikan

Solusi

Kami memiliki 9 initiative (lihat http://crayonpedia.org/mw/Crayonpedia:Perihal) yang bertujuan memberikan manfaat bagi komunitas pendidikan. Berangkat dari itu, kami membangun solusi open technology berbasis engine mediawiki yang sudah dikenal oleh banyak pengguna: www.crayonpedia.org.
Selanjutnya kami akan melakukan sosialisasi pada guru dan siswa. Kami memilih dan melatih 10-20 guru dari 10-20 kota dari Sabang sampai Merauke yang akan menjadi trainer. Guru trainer diberikan insentif setiap bulan dan peralatan selama 10 bulan untuk melatih 250-500 guru/siswa di setiap kota. Target pelatihan adalah melatih 25-50 guru/siswa per bulan per kota, sehingga total yang dilatih sebanyak 5000 guru/siswa. Tempat pelatihan diupayakan menggunakan fasilitas Telkom Broadband Learning Center di 10-20 Kota/Kabupaten.
Untuk menjamin sustainability, kami senantiasa melakukan dukungan operasional dan pengembangan sistem dengan menambah fitur-fitur baru, diantaranya LKS Online, integrasi dengan sosial media, fasilitas offline (versi Android/Tablet). Layanan dengan fitur-fitur premium tersebut nantinya berbayar dengan model membership dengan biaya terjangkau bagi semua kalangan (mulai dari Rp 1.000,-/bulan).
Pihak yang diuntungkan melalui proyek ini adalah pelajar, guru, sekolah, Diklat, masyarakan, dan orang tua di seluruh dunia

Target

Pelajar, guru, sekolah, Diklat, masyarakan, dan orang tua di seluruh dunia

Indikator Sukses

1. Meningkatnya jumlah dan ragam konten crayonpedia yang dapat dimonitor via website crayonpedia, yg dapat dilihat di : www.crayonpedia.org
2. Meningkatnya pengguna konten crayonpedia yang dapat dimonitor via aplikasi statistic pengguna Awstat yang dapat dilihat pada: www.crayonpedia.org/stats, dan melalui situs penganalisa traffic website Alexa yang dapat dilihat pada alamat: http://www.alexa.com/siteinfo/crayonpedia.org. Dari data statistic menunjukkan, jumlah pengunjung website Crayonpedia dari waktu ke waktu terus meningkat. Total jumlah unique visitors dari bulan Juli 2009 (selama 2 tahun) sebanyak 3.353.998 pengunjung, dengan 433.622.588 hits, dan 6643 GB Bandwidth.
3. Meningkatnya jumlah penyuka (fans page) media social dari crayonpedia yang dapat dilihat pada: http://www.facebook.com/pages/Crayonpedia-Initiative/65612207442

Lokasi

Bandung, Jawa Barat

Dana yang Dibutuhkan

800 Juta Rupiah

Durasi Proyek

Desember 2011 – November 2012 (1 tahun)