Nama Inisiator
Markus Santoso
Organisasi
NA
Topik
Meretas batas – kebhinekaan bermedia
Deskripsi Proyek
Proyek ini berusaha untuk mengenalkan salah satu kebudayaan Indonesia, yaitu Kebudayaan Bali, dengan menggunakan tehnik 3D Augmented Reality yang dikemas sebagai media pembelajaran Edutainment. Media pembelajaran dikemas dalam sebuah Buku bergambar yang dipadu dengan penggunaan piranti ponsel pintar maupun komputer tablet untuk mengakses fitur 3D sebagai simulasi kebudayaannya.
Masalah yang Diangkat
Melalui proyek yang saya ajukan ini, saya ingin agar anak-anak di Indonesia dapat lebih mengenal dan mencintai kebudayaan Indonesia dan bukannya budaya negara lain.
Solusi
Mengenalkan kebudayaan Indonesia dengan menggunakan teknologi 3D Augmented Reality. Teknologi ini akan dibungkus sedimikian rupa menjadi sebuah media pembelajaran interaktif yang dapat diakses melalui piranti ponsel pintar maupun komputer tablet sehingga anak-anak dapat melakukan proses pembelajaran dimana saja serta menjadi lebih menarik, agar dengan demikian anak-anak dapat lebih tertarik dan terikat dengan konten pembelajaran yang sedang mereka nikmati.
Pihak yang menerima manfaat dari proyek ini adalah generasi muda khususnya anak-anak yang ada di Indonesia.
Target
Generasi muda khususnya anak-anak yang ada di Indonesia
Indikator Sukses
Anak-anak dapat memperoleh gambaran secara 3D simulasi mengenai berbagai kebudayaan yang termasuk dalam konten media pembelajaran 3D Augmented Reality yang dibuat. Sehingga mereka dapat merasakan sebuah ketertarikan dan dahaga untuk mengetahui lebih dalam mengenai Kebudayaan Indonesia.
Lokasi
Busan, Korea Selatan
Dana yang Dibutuhkan
100 Juta Rupiah
Durasi Proyek
Oktober 2011 – Februari 2012