Nama Inisiator
Anantarupa Studios
Organisasi
Anantarupa Studios
Topik
Meretas batas – kebhinekaan bermedia
Deskripsi Proyek
NA
Masalah yang Diangkat
Wawasan nusantara yang semakin menipis, generasi muda mengalami krisis identitas, ditandai dengan berkurangnya kebanggaan dan cinta tanah air, dan ideologi nasional Bhinneka tunggal ika dan Pancasila yang mulai tergeser
Solusi
Dengan menggunakan sosial game sebagai media untuk menceritakan kembali nilai-nilai kebangsaaan, dan menemukan kembali reason detre; kenapa ideologi bhinneka tunggal ika dan pancasila lahir di Nusantara.Di jaman Majapahit pertama kalinya seluruh nusantara bersatu, lahirnya konsep bhinneka tunggal ika dan pancasila, wawasan kebangsaan yang utuh (dengan konsep catur warna, sbg perbandingan di Cina dikenal 4 pilar kebangsaan). Game ini akan dibuat dalam 4 facet sesuai dengan konsep catur warna (facebook game sebagai social hub: brahmana varna, Android game: kshatriya varna, iphone game: vaishya varna, dan Java game: Shudra varna), untuk memaksimalkan jangkauan media ini.
Pemerintah, depdiknas dan depbudpar (pusat dan daerah), semua orang dengan yang terjangkau internet dan mobile phone, dan pelajar sd – mahasiswa
Target
Pemerintah, depdiknas dan depbudpar (pusat dan daerah), semua orang dengan yang terjangkau internet dan mobile phone, dan pelajar sd - mahasiswa
Indikator Sukses
Banyak developer lokal yang mulai memikirkan muatan lokal untuk pasar global
Lokasi
Jakarta
Dana yang Dibutuhkan
750 Juta Rupiah
Durasi Proyek
Januari 2011 sampai seterusnya