1055 - BAJUKU

Nama Inisiator

Cindy

Bidang Seni

seni_rupa

Pengalaman

10 tahun

Contoh Karya

Cal_.pdf

Kategori Proyek

kerjasama_kolaborasi

Deskripsi Proyek

Saya ingin memproduksi sebuah game dengan tema baju adat Indonesia yang secara khusus ditujukan untuk anak-anak perempuan namun secara umum dapat dimainkan oleh semua kalangan usia. Game ini akan dapat didownload secara gratis dan media pendekatan lainnya adalah buku cerita anak dari game tersebut untuk menjangkau anak-anak yang tidak memiliki akses media digital. Sebagai perkenalan, jumlah baju adat Indonesia yang akan diperkenalkan diperingkas menjadi 12-16 provinsi dari yang paling sering digunakan anak-anak sampai yang paling jarang muncul. Penggambaran karakter anak dan pola-pola pada baju adat akan disederhanakan kedalam gambar dengan gaya ilustrasi kartun dan nuansa warna yang cerah dan modern.

Latar Belakang Proyek

Setiap tanggal 21 April di Indonesia, diperingati sebagai Hari Kartini. Menariknya, murid sekolah tingkat awal memperingatinya dengan mengenakan beragam pakaian adat daerah. Namun apa tujuan mereka memakai baju adat tersebut? Apakah hal tersebut cukup untuk membuat mereka mengenal daerah asal baju adat? Mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah setiap peringatan Hari Kartini adalah ide yang baik. Namun menambah wawasan setiap anak terhadap baju daerah yang mereka pakai, akan semakin melengkapi rasa menghargai dan memiliki mereka pada kekayaan budaya Indonesia yang beragam.

Masalah yang Diangkat

Perancangan game graphic adventure dengan tema pakaian adat Indonesia ini adalah sebuah cara untuk mengenalkan pakaian adat Indonesia yang ditargetkan pada anak usia dini melalui media game digital yang saat ini masih digemari oleh anak pada umumnya dan khususnya anak perempuan.

Indikator Sukses

8/10 karena media digital saat ini sudah menjadi bagian dari hidup dan sangat dekat dengan anak khususnya anak-anak yang tinggal di kota besar

Dana yang Dibutuhkan

Rp.150 Juta

Durasi Proyek

8 bulan