044 - Pengembangan Aplikasi Jurnalisme Warga Berbasis Ponsel

Nama Inisiator

Anton Muhajir

Organisasi

Komunitas Bale Bengong

Deskripsi Proyek

Proyek ini bertujuan untuk membuat aplikasi yang bisa mempermudah warga memproduksi informasi ala jurnalisme warga melalui telepon seluler. Selain melalui ponsel, aplikasi ini juga berbasis web sehingga bisa ditampilkan di website tapi hanya bisa diakses dan diproduksi di ponsel.

Tipe Konten

User generated content untuk melaporkan peristiwa secara langsung sehingga warga

Masalah yang Diangkat

Selama ini, informasi di BaleBengong terserak di beberapa platform yaitu blog, Facebook, dan Twitter. Untuk informasi di blog sudah terorganisir dan terdokumentasikan dengan baik tapi informasi di media sosial, Twitter dan Facebook belum. Informasi-informasi dari warga ada di Twitter (@BaleBengong) dan Facebook (/BaleBengong) sangat banyak tapi belum terorganisir dan dikelola dengan baik.

Untuk itu, aplikasi yang akan dibuat melalui proyek ini nantinya bisa mengorganisir dan mengarsip informasi-informasi warga dalam satu platform atau aplikasi. Prinsipnya, warga bisa menggunakan aplikasi tersebut untuk membagi informasi ataupun mengakses informasi-informasi yang sudah ada. Dari aplikasi tersebut, warga kemudian bisa membaginya melalui akun media sosial masing-masing

Solusi

Aktivitas yang akan dilakukan antara lain
1. Menyediakan aplikasi untuk warga agar lebih mudah memproduksi informasi dalam aneka bentuk baik teks, foto, audio, maupun video
2. Mengembangkan aplikasi agar bisa digunakan di Android, Windows Phone, maupun iOS.
3. Mengintegrasikan aplikasi baru dengan media sosial agar mudah dibagi
4. Menampilkan informasi di aplikasi tersebut ke web

Strategi Distribusi

Promosi aplikasi akan dilakukan melalui:
1. Program yang sudah dilakukan seperti Kelas Jurnalisme Warga dan pelatihan penggunaan ponsel UU Project. Setiap peserta dalam dua kegiatan rutin ini akan langsung praktik dengan menggunakan aplikasi tersebut.
2. Promosi melalui media sosial yang sudah ada yaitu @BaleBengong dan page /BaleBengong.net
3. Promosi offline melalui kegiatan-kegiatan kreatif di Bali.

Optimalisasi Piranti Lunak:

1. Membuat manual penggunaan aplikasi
2. Melakukan kampanye penggunaan aplikasi
3. Memberikan contoh penggunaan secara terus menerus oleh tim admin maupun pengguna tertentu

Target Pengguna / Penerima Manfaat

Pembaca portal, follower @BaleBengong di Bali, terutama di Denpasar.

Kuantitas Output Konten

NA

Indikator Sukses

1. Adanya aplikasi yang bisa digunakan di semua platform (Android, Windows Phone, & iOS)
2. Aplikasi diunduh oleh 2.000 orang dalam waktu 6 bulan
3. Adanya 500 informasi yang diproduksi tiap bulan

Lokasi

Denpasar, Bali

Dana yang Dibutuhkan

Rp. 350 Juta

Durasi Proyek

12 Bulan