268 - Media Pembelajaran : Praktek Akuntansi (RPG Android)

Nama Inisiator

Mohammad Agus Firmansyah

Organisasi

NA

Deskripsi Proyek

Media Pembelajaran yang diperuntukkan untuk siswa SMK jurusan akuntansi. Pada survei yang telah dilakukan oleh pemohon hibah di SMKN 1 Magetan diketahui bahwa siswa SMK (jur.akuntansi) banyak yang akan bekerja selepas lulus dari SMK.
Media ini diharapkan mampu membekali siswa SMK jurusan akuntansi untuk dapat lebih optimal dalam praktek akuntansi perusahaan yang sebenarnya. Karena ketika Praktek di berbagai perusahaan banyak siswa SMK yang diperbantukan TIDAK SESUAI dengan jurusannya.
Bekerjasama dengan akuntan beberapa perusahaan, dan pengajar mata pelajaran akuntansi untuk menyusun materi praktek yang benar terjadi dalam perusahaan. Kemudian disusun menjadi media pembelajaran berbasis android. Hal inilah yang nantinya akan dilakukan pemohon hibah.

Tipe Konten

Media Pembelajaran berbasis Android dengan tipe RPG.

Masalah yang Diangkat

Mengatasi ketidak sesuaian praktek siswa SMK jurusan akuntansi ketika praktek lapangan di perusahaan.

Solusi

Menyusun media pembelajaran yang merupakan praktek yang sesungguhnya dalam perusahaan. Media berbasis android ini disusun seperti RPG sehingga dalam media pembelajaran tersebut siswa seolah – olah berperan sebagai akuntan sebuah perusahaan.

Strategi Distribusi

Promosi ke Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) akuntansi
Promosi ke Kelompok Kepala Sekolah (KKS) SMK dengan jurusan akuntansi
Melakukan promosi dan pelatihan kepada guru akuntansi yang nantinya guru akuntansi tersebut mengajarkannya pada siswanya.

Target Pengguna / Penerima Manfaat

Siswa SMA IPS dan siswa SMK Akuntansi

Kuantitas Output Konten

NA

Indikator Sukses

Media pembelajaran ini diterapkan di 10 SMK di jawa timur pada 3 bulan pertama. Diunduh lebih dari 100 orang pada 3 bulan berikutnya. Telah digunakan di 50 SMK di Indonesia dalam waktu 9 bulan, dan diunduh 1000 orang.

Lokasi

Bojonegoro, Jawa Timur

Dana yang Dibutuhkan

Rp. 120 Juta

Durasi Proyek

9 Bulan