309 - Phiruntrophy & CharityLights

Nama Inisiator

Gigih Rezki Septianto

Organisasi

CharityLights

Deskripsi Proyek

CharityLights adalah sebuah inisiatif berbasis teknologi yang bertujuan untuk mengkolaborasikan tiga stakeholders penting yaitu donor (Pemerintah dan Swasta), beneficiaries (masyarakat dan organisasi non-profit), dan endorser (Developer). CharityLights bertujuan untuk membantu penyelesaian berbagai permasalahan sosial melalui distribusi bantuan finansial ke berbagai inisiatif sosial yang paling prioritas dengan mudah dan menyenangkan. CharityLights menyediakan API (Application Programming Interface) yang memungkinkan beragam aplikasi dapat diintegrasikan dengan sistem ini. Salah satu contoh aplikasinya yakni Phiruntrophy yang memungkinkan masyarakat dapat berolahraga sambil beramal melalui sistem CharityLights. Sekilas Tentang Phiruntrophy: Phiruntrophy adalah aplikasi mobile pertama yang terintegrasi dengan sistem CharityLights menggunakan CharityLights API. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk merekam kegiatan olahraga hariannya seperti berlari, berjalan dan bersepeda. Setiap menempuh jarak sekian KM, pengguna akan mendapatkan sejumlah dana dari donor yang akan didistribusikan ke suatu gerakan sosial/lingkungan sesuai dengan keinginan/kepedulian pengguna. Secara tidak langsung, aplikasi ini memungkinkan masyarakat berolahraga sembari berkontribusi untuk masyarakat dengan mudah dan menyenangkan, bahkan tanpa perlu mengeluarkan uang. Untuk melihat video tentang CharityLights & Phiruntrophy dapat melalui link berikut http://www.youtube.com/watch?v=N3AXyRZgXOs

Tipe Konten

- CharityLights API (Application Programming Interface)
Adalah sistem yang menjadi dasar dari aplikasi-aplikasi yang akan dikembangkan. CharityLights API memilki engine utama sebagai berikut:
o Donation Processing Engine
o Dashboard & Data Analytics
o Impact Reporting & Monitoring

- Phiruntrophy
Aplikasi mobile pertama yang dibangun terintegrasi dengan CharityLights API. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk merekam kegiatan olahraga hariannya seperti berlari, berjalan dan bersepeda. Setiap menempuh jarak sekian KM, pengguna akan mendapatkan sejumlah dana dari donor yang akan didistribusikan ke suatu inisiatif sosial sesuai dengan keinginan/kepedulian pengguna.

- Potensi replikasi:
CharityLights dapat diadaptasi pada beragam jenis aplikasi menggunakan CharityLights API. Selain itu konsep Charity pada aplikasi memungkinkan proses charity tidak hanya dapat dilakukan dengan uang saja namun dapat juga dikembangkan dalam bentuk lain seperti misalnya Charity dengan tanam pohon.

Masalah yang Diangkat

Saat ini kolaborasi dan kerjasama dari ketiga elemen utama dalam masyarakat sangat dibutuhkan demi mempercepat penyelesaian berbagai permasalahan sosial:

1. Pemerintah
Kelebihan:
Akses kunci dalam kebijakan-kebijakan strategis
Kekurangan:
Birokratis, kurangnya partisipasi masyarakat dan tingginya tingkat korupsi

2. Sektor Swasta
Kelebihan:
Memiliki sumber daya kapital dan keahlian untuk pengembangan infrastruktur
Kekurangan:
Aktivitas bisnis yang besar dapat berdampak negatif bagi lingkungan dan masyarakat.

3. Sektor Masyarakat
Kelebihan
Memiliki people power yang besar. Organisasi masyarakat memiliki grassroot knowledge yang mampu mengakses isu-isu sosial yang paling prioritas.
Kekurangan:
Tidak memiliki sumber daya yang kuat. Banyak masyarakat masih apatis tidak peduli terhadap permasalahan sosial yang terjadi di sekitarnya.
Diperlukan platform yang solid untuk mendukung terjadinya kolaborasi ini dan untuk mengurangi apatisme masyarakat terhadap permasalahan sosial.

Solusi

CharityLights bekerjasama dengan berbagai entitas guna menciptakan formulasi baru yang menyenangkan dalam distribusi donasi:

a. Sektor Swasta
Berperan menjadi donor dan dapat meningkatkan value-nya sebagai entitas yang peduli pada permasalahan sosial.
b. Pemerintah
Berperan sebagai donor ataupun endorser yang mengarahkan agenda pembangunannya pada CharityLights untuk meningkatkan partisipasi publik.
c. Organisasi Masyarakat
Mendapatkan bantuan pendanaan untuk memperluas dampak aktivitasnya.
d. Developer/Pengembang Aplikasi.
Dapat mengembangkan aplikasi menggunakan CharityLights API.

Aktivitas yang dijalankan:
1. Pilot Project (pengujian aplikasi)
2. Pengembangan beragam aplikasi dan multiplatform
3. Stakeholders Approach (Kerja sama perusahaan, pemerintah dan organisasi sosial)
4. CharityRun bersama komunitas (didukung aplikasi Phiruntrophy dan komunitas lari)
5. Hack Day (kompetisi pengembang aplikasi untuk membuat aplikasi dengan CharityLights API)
6. Promotional Activities

Strategi Distribusi

– Strategi utama peluncuran aplikasi adalah melalui kegiatan CharityRun bersama komunitas-komunitas. Seluruh peserta akan dihimbau untuk mendownload aplikasi Phiruntrophy melalui appstore, windowsphone store, atau googleplay[AR12] sebelum kegiatan lari dilaksanakan. Kegiatan CharityRun ini akan dilaksanakan secara rutin. Terlebih lagi kami tidak harus bekerja sendiri untuk menyelenggarakan ini, dengan berkolaborasi dengan komunitas-komunitas lain yang sering menyelenggarakan acara sejenis tentunya akan lebih dapat memaksimalkan dampak yang diberikan, misalnya komunitas Berlari Untuk Berbagi, Indonesian Future Leaders, Asgar Muda, dll.
– Aplikasi akan dikembangkan secara multiplatform (terutama Windows Phone dan Android) untuk memudahkan pengguna menggunakan aplikasi dengan device yang sudah mereka miliki.
– Kami akan membuat aplikasi dan mengintegrasikan API dengan aplikasi-aplikasi yang cukup populer, adiktif dan mudah digunakan sehingga pengguna tidak mengalami kesulitan dalam penggunaan aplikasi
– Kami membuat dokumentasi online yang mudah dibaca dan dimengerti oleh developer di seluruh dunia. Hal ini juga dilakukan oleh perusahaan ternama seperti Twitter, Facebook, dan Gramedia.

Target Pengguna / Penerima Manfaat

- Anak Muda : 16 – 25 Tahun | - Anggota-anggota komunitas/organisasi dalam 5 kategori utama (pendidikan, lingkungan, lingkungan, kepemudaan dan anak-anak, dan gender, |- Runners Enthusiast (semua umur), | - Gamers (untuk aplikasi-aplikasi games yang terintegrasi dengan CharityLights) ||| Target Penerima Manfaat: | 1.) Organisasi Non-Profit | 2) Penerima manfaat dari organisasi-organisasi non-profit yang terafiliasi | 3) Brand / Companies | 4) Pemerintah | 5) Developers

Kuantitas Output Konten

NA

Indikator Sukses


Berikut adalah target capaian kami sepanjang tahun 2014

1. Pilot Project
Target untuk kegiatan Pilot Project adalah mendapatkan
· 20 – 50 Pengguna Windows Phone & Android untuk menguji aplikasi Phiruntrophy
· 2 – 3 Donor
· 3 – 5 Lembaga Amal & Organisasi Sosial terdaftar untuk mencari metode terbaik pendistribusian dana.

2. Non-Profit Engagement
Menjangkau sekurang-kurangnya 20 organisasi nirlaba terdaftar dalam 5 kategori utama: Pendidikan, Lingkungan, Kepemudaan dan Anak-Anak, Kesehatan dan Gender

3. Total Donation
Mendistribusikan sekurang-kurangnya 200 juta rupiah dana dari donor ke beneficiaries

4. CharityRun
Target minimal peserta CharityRun adalah 1000 orang peserta dan target ketercapaian donasi adalah 100 juta rupiah.

5. Phiruntophy Users
Dipakai oleh minimal 2000 users per November 2014

6. Hack Day
Tercipta 15 aplikasi baru yang terintegrasi dengan CharityLights API

7. Online Supporters & Promotions
– 3000 Likes Facebook Page
– 3000 Twitter Followers

Lokasi

Bandung, Jawa Barat

Dana yang Dibutuhkan

Rp. 450 Juta

Durasi Proyek

9 Bulan