Cipta Media

Laporan Aktivitas Perempuan Sumba dan Musik Tradisional

Oleh: Ata Ratu

Workshop Musik Tradisional dan Concert dengan Anak anak

Tanggal 07 Jun 2018
Perempuan muda belajar Jungga dengan Ata Ratu
Jam
Lokasi Gedung Pentas
Alamat Gedung Tipuk Marisi, Waingapu, Sumba Timur
Daftar Hadir Ata Ratu
Nency Dwi Ratna
Joseph Lamont
Murid dari SMP Katholik Andaluri, SMP Negeri Satu Tabundung
Tujuan The project committee co-ordinated with the Department of Education in Sumba to create a music workshop that Ata Ratu would lead for young traditional musicians (Jungga/Gong) from all over East Sumba who had gathered to perform at a district wide traditional music competition. Ata Ratu joined the judging panel and preliminary meetings were held in Waingapu to discuss the criteria that performances would be rated on and the students who would be selected to join the workshop. The first day of the competition Ata Ratu performed for around 300 students and teachers ranging from primary to high school (SD, SMP, SMA).

The music workshop was held the second day of the event. Ata Ratu and members from Sanggar Ori Angu (a traditional music group) worked with a group of 15 students to arrange and rehearse a song accompanied Ata Ratu with traditional Sumbanese Gongs drums and Jungga Humba (a two string boat lute instrument).

Panitia proyek berkoordinasi dengan Departemen Pendidikan di Sumba untuk membuat lokakarya musik yang akan dipimpin oleh Ata Ratu untuk musisi tradisional muda (Jungga / Gong) dari seluruh Sumba Timur yang telah berkumpul untuk tampil di kompetisi musik tradisional tingkat kabupaten. Ata Ratu bergabung dengan panel juri dan pertemuan pendahuluan diadakan di Waingapu untuk membahas kriteria penilaian kinerja dan siswa yang akan dipilih untuk bergabung dengan lokakarya. Hari pertama kompetisi Ata Ratu dilakukan untuk sekitar 300 siswa dan guru mulai dari sekolah dasar hingga sekolah menengah (SD, SMP, SMA).

Workshop musik diadakan pada hari kedua acara. Ata Ratu dan anggota dari Sanggar Ori Angu (kelompok musik tradisional) bekerja dengan kelompok yang terdiri dari 15 siswa untuk mengatur dan berlatih sebuah lagu yang menemani Ata Ratu dengan drum Gong Sumba tradisional dan Jungga Humba (instrumen kecapi dua senar perahu).
Ringkasan
Hasil Para murid belajar tentang musik tradisional sumba bersama Ata Ratu dan mereka melakukan konser kolaborasi bersama

Rekaman Ronaldo salah satu murid yang hadir acara ini
https://www.youtube.com/watch?v=zv0RG27sUdA
Evaluasi
Rekomendasi