Analisa Kerjabilitas.com

Rachmat Wahidi (kanan) sedang mencoba mesin digitalisasi saat diskusi dengan John Vandenberg

Rachmat Wahidi bekerja pada Wikimedia Indonesia sebagai Pengawas Digitalisasi Konten, pada posisi ini Rachmat memiliki lima pekerja dibawahnya yang ia awasi langsung. Dua orang asisten teknis pemindaian dan tiga orang penguji baca. Tiga dari lima anak buah yang diawasi Rachmat adalah difabel (tunarunggu).

Selama ini Wikimedia Indonesia telah dibantu oleh DNetwork dan dalam mengembangkan sayapnya mencari pekerja yang berkualitas, Wikimedia juga mencoba situs Kerjabilitas.com dan berikut adalah analisis dan masukan Rachmat mengenai platform ini:

  1. Fitur yang ditawarkan oleh situs web tersebut sangat baik, di mana penyedia lowongan pekerjaan dan pencari pekerjaan memiliki halaman pengguna yang berbeda sehingga memudahkan bagi pihak penyedia memasukkan data lowongan dan pencari untuk mencari kata kunci lowongan yang diinginkan.
  2. Formulir isian lowongan pekerjan juga mudah digunakan. Saya terkesan dengan adanya “Pratayang” sebelum menyimpan informasi lowongan, sehingga memudahkan untuk melihat kesalahan-kesalahan yang harus diperbaiki sebelum menyimpan.
  3. Fitur “Lihat kandidat” menurut saya sangat bagus, di mana penyedia lowongan pekerjaan dapat melihat-lihat siapa saja yang mungkin dapat direkrut untuk lowongan pekerjaan yang disediakan. Mungkin untuk ke depan, Tim Kerjabilitas dapat menyediakan fitur untuk menyaring calon kandidat berdasarkan disabilitasnya, selain hanya nama dan lokasi.
  4. Untuk rekan disabilitas yang mencari lowongan pekerjaan, mereka dimudahkan dengan adanya layanan untuk menjalin pertemanan dengan sesama rekan disabilitas dan juga adanya layanan saran dari situs web untuk perusahaan yang mereka minati.
    Dengan sekali klik, surat lamaran pelamar akan langsung terkirim ke surel penyedia pekerjaan sangat menarik.
  5. Hal yang terpenting adalah informasi lowongan dapat langsung tersebar ke rekan-rekan disabilitas dibandingkan jika informasi lowongan tersebut hanya tercantum di situs web organisasi/perusahaan penyedia pekerjaan.
  6. Jika memungkinkan, ke depannya mungkin informasi lowongan pekerjaan di Kerjabilitas.com dapat diakses secara publik. Dengan demikian pranala informasi lowongan pekerjaan itu dapat dibagikan secara publik dan tentunya dapat mengampanyekan situs web Kerjabilitas.com. Bagi yang berminat untuk mengirimkan lamaran, baru mereka diajak untuk mendaftar.
  7. Dan jika memungkinkan, setiap bulannya, ada newsletter mengenai rekan-rekan disabilitas yang telah diterima bekerja yang dipostingkan di halaman khusus (blog Kerjabilitas) untuk menarik minat rekan disabilitas lainnya.

Nah, apakah anda memiliki rekan, teman difabel yang membutuhkan pekerjaan? Kerjabilitas.com berlokasi di Yogyakarta, atau yang lebih penting lagi apakah anda mengetahui perusahaan yang dan mungkin anda bisa membantu menginformasikan platform pencari kerja ini kepada mereka.

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Print this pageEmail this to someone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *