Andakah yang Difasilitasi oleh Mitra Kerja Penyandang Disabilitas?

Andakah yang difasilitasi oleh Mitra Kerja Penyandang DisabilitasSejak menjadi penulis situs Cipta Media Seluler pada Agustus 2014 saya tertarik pada salah satu dari 12 proyek, yaitu Mitra Kerja Penyandang Disabilitas. Proyek tersebut mengingatkan pada tetangga perempuan saya Dewi yang mengalami kecelakaan sehingga membuat jalannya timpang (pincang).

Dewi mengalami kecelakaan motor saat SMP. Setelah lulus SMA, ia sulit untuk mendapatkan pekerjaan karena kondisi kakinya tersebut. Sementara teman-teman perempuannya yang juga berpendidikan SMA bisa mendapatkan pekerjaan seperti menjadi penjaga toko. Oleh karena jalannya yang timpang, ia tidak bisa diterima sebagai penjaga toko. Saat ini, ia sudah menikah dan berwirausaha menjual air galon, gas dan pulsa di rumahnya. Lalu, saya menanyakan kepada Pak Rubby, aplikasi dalam proyeknya ditujukan kepada siapa. Apabila tetangga saya ini masih mencari kerja, bisakah ia mencari kerja dengan menggunakan aplikasi tersebut?

Inilah hasil wawancara dengan Pak Rubby

T: Apakah ada kekhususan untuk Aplikasi Mitra Kerja Penyandang Disabilitas (untuk tuna netra saja. tuna rungu saja atau tuna daksa saja)?

J: Tidak ada, kami berharap aplikasi ini bisa digunakan untuk penyandang disabilitas apa pun.

T: Apakah ada fokus wilayah?

J: Ya ada karena aplikasi yang kami buat hanya dalam bentuk situs web dan aplikasi. Oleh karena itu, diperlukan koneksi internet yang baik dan hal itu hanya terdapat di kota-kota besar.

T: Lalu, apakah ada batasan usia bagi penyandang disabilitas yang ingin menggunakan aplikasi tersebut?

J: Ada, mereka berada pada usia produktif (18-40 tahun). Selain itu ada batasan lain, yaitu minimal sudah lulus SMA/SMK/Sederajat serta mengerti menggunakan internet, komputer dan telepon seluler.

T: Apakah penyandang disabilitas yang berwirausaha akan mendapat bantuan?

J: Tidak, proyek ini hanya akan menyasar penyandang disabilitas yang tidak bekerja dan pemberi kerja (termasuk usaha kecil menengah). Penyandang disabilitas yang berwirausaha hanya akan di data apabila ia termasuk pemberi kerja atau diangkat sebagai profil dalam produksi konten untuk menginspirasi penyandang disabilitas yang belum bekerja.

Selanjutnya akan ada cerita menarik dari penyandang disabilitas yang di pekerjakan oleh Pak Rubby. Silakan kunjungi halaman ini.

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Print this pageEmail this to someone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *