124 Solidaritas.net Media Center

124 Solidaritas.net Media Center

Solidaritas.net Media Center adalah pusat kegiatan produksi dan penyebarluasan konten, konsultasi, pendidikan serta advokasi perburuhan dengan memanfaatkan media seluler yang saat ini menjadi alat komunikasi yang digunakan oleh buruh. Proyek ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan kapasitas buruh dalam mengadvokasi dirinya sendiri sehingga mereka dapat menjadi aktor utama untuk memperjuangkan kepentingan kelompoknya sendiri. Konten yang terdapat dalam situs ini berupa teks, gambar dan video. Selain itu, ada juga saluran video daring (online) mengenai informasi perburuhan dalam bentuk berita, talk show (bincang-bincang), diskusi, film dokumenter dan feature yang bisa diakses di situs solidaritas.net serta Youtube.

keputusan-tim-seleksi-akhir

Proyek ini kami pilih karena menggunakan teknologi sederhana dan mudah diakses bagi kaum buruh dalam memperjuangkan hak-haknya. Dukungan terhadap proyek ini akan membantu meningkatkan kemampuan solidaritas.net menggunakan teknik tepat guna dalam melayani kebutuhan para buruh, termasuk memindahkan informasi daring (online) pada format layar kecil. Kelompok pengusul proyek ini telah berpengalaman dalam mengerjakan isu-isu buruh serta mereka memiliki energi dan antusiasme yang diperlukan untuk menyukseskan sebuah proyek.

 

Anggaran

Laporan pelaksanaan proyek

Laporan penggunaan dana

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Print this pageEmail this to someone
Nomor Urut 124
Nama Lengkap Inisiator Sarinah
Lokasi Cikarang, Jawa Barat
Organisasi Solidaritas.net
Judul Proyek Solidaritas.net Media Center
Lama Aktivitas 1 tahun (September 2014-Agustus 2015)
Target Pengguna /
Penerima Manfaat
1 juta buruh di Kabupaten Bekasi
Ukuran Keberhasilan

– Mampu memproduksi 500 konten per bulan.
– Media Center: Didatangi 50 buruh per hari.
– SMS Center: terkirim informasi ke 5 ribu nomor unik setiap hari.
– Website: Mendapatkan jumlah tayang halaman (pageviews) 50 ribu per hari.
– Jurnalis buruh: merekrut 100 jurnalis buruh.
– Mampu melakukan fundraising dari publik.
– Konsolidasi dan silaturahmi (sosialisasi) dalam bentuk diskusi dan pendidikan dengan buruh pembaca Solidaritas.net setiap sebulan sekali.
– Mampu menggalang dukungan publik untuk perjuangan buruh melalui SMS tekanan, petisi dan aksi solidaritas.
– Peningkatan kesadaran buruh yang diukur dari peningkatan penyelesaian kasus-kasus perburuhan.

Tipe Konten Teks, gambar dan audio-visual informasi perburuhan.
Strategi Distribusi

– Menggunakan SMS Center, website dan media sosial, terutama Facebook di mana mayoritas buruh adalah pengguna Facebook.
– Mempromosikan media Solidaritas.net dengan menggunakan flyer (selebaran) yang dibagikan di saat jam berangkat dan pulang kerja.
– Melalui serikat-serikat buruh yang menjadi partner Solidaritas.net.

Kuantintas Output Konten 1. Teks – 18 artikel per hari. 2. SMS Center – 20 short link konten terkirim per hari. – 10 pengaduan, keluh kesah dan konsultasi via SMS per hari. 3. Video – 2 berita video dengan durasi 1 menit untuk straight news dan 10 menit untuk reportase mendalam.
Dana yang Diminta Rp. 565 juta (disetujui Rp. 625.000.000,-)
DESKRIPSI PROYEK

Solidaritas.net Media Center adalah pusat kegiatan pembuatan konten informasi perburuhan untuk disebarluaskan melalui media website, saluran video online dan SMS Center.
1. Konten
Konten berupa teks, gambar dan video yang sifatnya ringkas, padat dan jelas agar mudah diakses dan diserap oleh buruh yang memiliki sedikit waktu luang.
2. Website
Website Solidaritas.net adalah media online yang mudah diakses di seluler (responsive atau mobile friendly), interaktif dan dilengkapi dengan aplikasi smartphone seluler, yakni Blackberry Launcher dan aplikasi Android.
3. SMS Center
SMS Center Solidaritas.net adalah layanan SMS 24 jam yang mengirimkan informasi seputar perburuhan dalam bentuk short link konten website; melayani konsultasi, keluh kesah dan pengaduan, dan; menggalng dukungan buruh untuk merespon isu-isu tertentu.
4. Saluran video online
Saluran video online Solidaritas.net adalah informasi perburuhan yang disajikan dalam bentuk video, berupa berita, talk show, diskusi, film dokumenter dan feature perburuhan, yang tayang melalui channel website Solidaritas.net dan Youtube. Ukuran file akan dikompresi seringan mungkin agar mudah dibuka di perangkat seluler.
5. Wadah Tatap-Muka
Solidaritas.net Media Center membangun tempat yang menjadi pusat kegiatan produksi konten, melayani konsultasi dan konsolidasi dengan buruh, serta mendorong buruh untuk berserikat atau berorganisasi.

DEFINISI MASALAH

Di Kabupaten Bekasi terdapat sekitar 5000 perusahaan yang mempekerjakan lebih dari satu juta buruh di 7 kawasan industri dimana banyak terjadi pelanggaran normatif terhadap hak buruh karena kurangnya pengawasan dari pihak pemerintah, yakni Dinas Tenaga Kerja. Kontrol buruh terhadap pemerintah dan pengusaha masih lemah. Buruh kurang mengakses informasi untuk meningkatkan kesadaran hukum dan politiknya karena:
1. Kesejahteraan yang masih minim sehingga menjauhkan buruh dari akses informasi karena buruh tidak mampu membeli informasi, seperti koran dan buku.
2. Disiplin pabrik, yakni jam kerja yang panjang, long shift, target produksi yang tinggi, kurangnya istirahat dan kecenderungan buruh mengambil banyak lembur untuk mencukupi kebutuhan hidupnya, sehingga buruh kelelahan dan waktu luangnya semakin sedikit untuk mengakses informasi.
3. Penerbitan bacaan dan terbitan dari serikat buruh yang masih minim, serta kurangnya pendidikan atau hanya bersifat perwakilan atau tidak merata.

CARA MENGATASI

Komunitas masyarakat yang tinggal di perkotaan ini mampu menggunakan seluler beserta internet. Bahkan banyak buruh yang sudah mampu mengakses teknologi smartphone, seperti Blackberry CDMA, smartphone Android buatan Cina, yang harganya relatif murah di bawah satu juta. Buruh juga sudah tidak asing lagi dengan media sosial Facebook yang digunakan untuk menjalin pertemanan dan berkampanye perjuangan. Mengatasi masalah memerlukan konsep bauran media (mix media) sebagai berikut:
1. Menyediakan dan memperbanyak konten berupa teks, gambar dan audio visual yang ringkas, padat dan jelas tentang informasi perburuhan yang disebarluaskan melalui website, SMS Center dan saluran video online.
2. Membangun wadah media Solidaritas.net yang mengorganisir pembuatan dan penyebaran konten dengan menggunakan kombinasi seluler dan internet, dalam hal ini SMS Center dan website.
3. Menyelenggarakan pendidikan jurnalistik untuk mendidik buruh agar aktif menjadi informan dan kontributor media Solidaritas.net.

Lingkar Suara Buruh Perempuan: Bagaimana kondisi kerja buruh perempuan?

19 June 2014 1

Buruh garmen Pada situs webnya MarsinahFM salah satu penerima hibah Cipta Media Seluler menguraikan,
"Media arus utama ABSEN terkait isu buruh dan perempuan. Sehingga mendorong lahirnya radio komunitas buruh perempuan: Marsinah FM; dari perempuan buruh untuk kesejahteraan, kesetaraan dan kelestarian alam."
Mengapa absen? Berdasarkan pengamatan Azhar Irfansyah yang dipublikasikan oleh Remotivi, hal ini dikarenakan isu buruh ditulis oleh wartawan yang merasa kelasnya berbeda dengan kelas buruh sehingga mereka menulis dengan sinis, dan tulisan sinis ini menjadi rutin. Padahal wartawan di Indonesia gajinya masih paling rendah di Asia Tenggara. Sehingga apabila ada aktivitas "buruh" berdemo, maka yang ditulis adalah sampah yang ditinggalkan, efek macet, dan komentar tidak bermutu seperti "tidak bisa liburan ke Bali", menuntut BH Triumph,  atau "yang demo pakai motor mewah". Namun seperti apa sebenernya kondisi buruh perempuan di tengah tengah pemberitaan nyinyir seperti ini? Darimana anda sebaiknya mendengarnya? Tidakkah lebih baik kita mendengarnya dari tangan pertama? Tentang perjuangan mereka menerima upah Rp. 200 ribu per bulan di tahun 1985, bagaimana mereka dipindah pindah layaknya bola sepak, dipaksa masuk kerja walaupun banjir hingga keguguran dan- hebatnya lagi - gaji dipotong harus bayar RS karena keguguran tersebut. Banyak lagi lainnya termasuk pelecehan seksual, hingga cerita lucu gagal ambil cuti haid. Apabila melihat cerita-cerita ini, tiba tiba terasa bahwa media arus utama "cetek" sekali dalam memberitakan isu buruh dan buruh perempuan. MarsinahFM benar, media absen, karena itu untuk keadilan Ciptamedia mendukung upaya aktivis buruh dalam membuat medianya sendiri. Apabila anda tertarik mendukung upaya MarsinahFM, mereka juga menerima sumbangan publik agar dapat terus berkarya dan menyiarkan berita dari tangan pertama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *