303 KEPO (Kumbang E-Learning Project)

Image

KEPO (Kumbang E-Learning Project) adalah sebuah proyek untuk membuat bahan ajar ke dalam bentuk digital difokuskan kepada mobile learning. Dengan kegiatan Mobile Learning dimungkinkan berkembangnya fleksibilitas belajar yang tinggi. Artinya, peserta didik dapat mengaskses bahan-bahan belajar setiap saat dan berulang-ulang. Dengan kondisi yang demikian ini, peserta didik dapat lebih memantapkan penguasaannya terhadap materi pembelajaran.
Materi yang akan dibuat berdasarkan kurikulum yang ada. dalam pembuatannya akan melibatkan para guru. sistem yang akan dibangun berupa web dan aplikasi seluler dengan model saling bisa berinteraksi.

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Print this pageEmail this to someone
Nomor Urut 303
Nama Lengkap Inisiator Akbar Bahaulloh
Lokasi Cilacap, Jawa Tengah
Organisasi KUMBANG (Komunitas Pengembang Bahan Ajar Digital)
Judul Proyek KEPO (Kumbang E-Learning Project)
Lama Aktivitas 12 Bulan
Target Pengguna /
Penerima Manfaat
Siswa dan Guru di Cilacap bagian Barat
Ukuran Keberhasilan

– Apresiasi dari pihak sekolah yang ada di Cilacap bagian barat.
– dihitung dari pemanfaatan KEPO oleh 30% sekolah SMA/sederajat yang terdapat di Cilacap bagian barat.
– dihitung dari pengguna aplikasi mobile 2000 orang.
– apresiasi dari pemerintah (kementrian pendidikan nasional) terhadap KEPO.

Tipe Konten Audio, Video, Teks, Animasi, dan Web
Strategi Distribusi

Konten akan didistribusikan melalui website untuk diakses oleh para siswa dan guru untuk mendapatkan bahan ajar digital dalam bentuk aplikasi mobile.

Kuantintas Output Konten - Terdiri dari 6 mata pelajaran: Fisika, Kimia, Matematika, Bahasa Jawa, TIK. - Pada tahap awal ada 200 materi yang terbagi dalam beberapa kategori. untuk selanjutnya dalam satu bulan sekali akan ada 100 materi yang diperbarui.
Dana yang Diminta Rp. 400 Juta
DESKRIPSI PROYEK

KEPO (Kumbang E-Learning Project) adalah sebuah proyek untuk membuat bahan ajar ke dalam bentuk digital difokuskan kepada mobile learning. Dengan kegiatan Mobile Learning dimungkinkan berkembangnya fleksibilitas belajar yang tinggi. Artinya, peserta didik dapat mengaskses bahan-bahan belajar setiap saat dan berulang-ulang. Dengan kondisi yang demikian ini, peserta didik dapat lebih memantapkan penguasaannya terhadap materi pembelajaran.
Materi yang akan dibuat berdasarkan kurikulum yang ada. dalam pembuatannya akan melibatkan para guru. sistem yang akan dibangun berupa web dan aplikasi seluler dengan model saling bisa berinteraksi.

DEFINISI MASALAH

– Minimnya minat peserta didik dalam membaca dan menulis
– Kegiatan di dalam kelas yang menjenuhkan
– Mahalnya biaya untuk belajar
– Materi pembelajaran yang tidak up to date.
– Materi pembelajaran yang kurang interaktif
– Siswa yang kesulitan untuk mendapatkan akses materi belajar.

CARA MENGATASI

Membuat bahan ajar digital yang menarik dan mudah diakses oleh siswa. Penyebaran bahan ajar tersebut melalui aplikasi seluler dan web. Adapun informasi yang akan disediakan dalam fitur tersebut berupa materi mata pelajaran, game, latihan soal, dan ensiklopedia.