Pengalaman Panji sebagai difabel pencari kerja

Beberapa-buruh-perempuan-sedang-diskusi

Kerjabilitas.com adalah platform yang dibiayai oleh hibah Ciptamedia untuk dapat menghubungkan pencari kerja dan pemberi kerja. Namun seperti apakah pengalaman difabel pencari kerja sebenarnya?

Berikut adalah wawancara singkat dengan pekerja difabel (tuna runggu) untuk mengetahui pengalaman para difabel saat melamar pekerjaan.

Kesulitan yang ditemui oleh Panji saat mencari pekerjaan adalah persaingan yang ketat. Dia menyadari bahwa sulit melamar pekerjaan yang umum (bukan pekerjaan khusus difabel) karena harus berlomba-lomba dengan pelamar yang normal.

Umumnya pekerjaan di Carrefour yang ada lowongan khusus difabel, dan juga di Wikimedia.

Untuk pekerjaan di perusahaan/organisasi lainnya umumnya sulit jika ditambah dengan adanya persyaratan untuk kemampuan (skil) tertentu.

Hal yang paling menantang lagi menurut Panji adalah memilih penyedia pekerjaan yang baik dan jujur. Katanya ia pernah tertipu karena melamar di perusahaan bohongan. Saat wawancara ia dimintai sejumlah uang. Karena itu, ia semakin hati-hati dalam memilih perusahaan penyedia pekerjaan.

Mengenai informasi lowongan pekerjaan, informasi mengenai ini Panji memperolehnya via DNetwork, di mana di sana dalam sehari pasti ada beberapa lowongan pekerjaan yang masuk. Dari sanalah ia menyaring lowongan pekerjaan yang menurutnya bagus dan terpercaya. Kalau Irfan, sebelumnya ia mendapat informasi di grup Facebook, namanya Gerkatin. Di situ adalah tempat berkumpul rekan disabilitas dan juga tempat berbagi bermacam-macam informasi, termasuk lowongan pekerjaan.

Sejauh ini, menurut Panji tidak sulit untuk melamar pekerjaan setelah ia mendapat informasinya. Ia hanya tinggal mengirimkan surel surat lamaran ke surel penyedia pekerjaan lalu menunggu jawaban. Kadang-kadang dari sepuluh lamaran yang dikirim, hanya 3 yang dijawab oleh penyedia pekerjaan.

Harapan dari Panji dan Irfan untuk ke depan adalah semoga Pemerintah dapat membantu menyediakan pekerjaan untuk rekan disabilitas, atau paling kurang dapat menyediakan layanan informasi terpusat untuk informasi lowongan pekerjaan. Menurutnya, beberapa penyedia informasi lowongan pekerjaan ini kadang-kadang berselisih dalam memberikan informasi lowongan.

Apabila anda memiliki perusahaan yang ingin mempekerjakan difabel, harap diingat bahwa pelatihan sangat penting untuk kemampuan bekerja mereka. Silahkan daftarkan perusahaan anda via Kerjabilitas.com ataupun DNetwork.

 

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Print this pageEmail this to someone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *