Pelatihan Wiki Ketiga untuk Program Desa 2.0

800px-DESA_2015_Maret_02_Pelatihan_wiki_untuk_pengelolaan_program_desa

Senin     2 Maret 2015
Tujuan     Pelatihan Wiki Ketiga untuk Program Desa 2.0
Lokasi     Ruang Rapat Gedhe Foundation
Alamat     Griya Satria Indah Blok O No 9, Sumampir, Purwokerto, Banyumas
Jam     10.00-20.00

Hadir
Yossy Suparyo
Biyanto Rebin
Agung Budi Satrio
Muhammad Aria Rizki

Ringkasan:
Pelatihan wiki ketiga untuk Program Desa 2.0 diselenggarakan oleh Gedhe Foundation dan Wikimedia Indonesia pada Senin (2/3) di Ruang Rapat Gedhe Foundation, Purwokerto. Pelatihan ini difasilitasi oleh Biyanto Rebin selama sehari dengan fokus mendukung sistematisasi laporan Program Desa 2.0 yang dikelola oleh Gedhe Foundation. Acara berlangsung santai dengan membahas sejumlah kendala dalam pemanfaatan sistem pengkodingan yang berlaku di media wiki.

Pelatihan diawali dengan mendiskusi kendala dalam pemanfaatan wiki untuk pengelolaan dan pelaporan program. Dari diskusi itu muncul sejumlah kendala, misalnya pengunggah beberapi bukti/kwitansi pembayar dengan kode kebutuhan yang sama, pemberian nama file gambar yang akan diunggah, pembuatan quote, tabel, dan data spasial. Selanjutnya, Biyanto Rebin membimbing dengan memberikan tautan tutorial maupun menjelaskan prinsip-prinsip dalam pengolahan konten dalam wiki.

Di sela-sela pelatihan, Biyanto Rebin dan Agung Budi Satrio mengisi acara Rembug Desa di Gedhe TV dengan topik Pemanfaatan Teknologi untuk Mendorong Perubahan Sosial. Budi Satrio berbagi pengetahuan dan pengalaman tentang pemanfaatan teknologi di wilayah perdesaan, sementara Biyanto Rebin menceritakan program Cipta Media Seluler yang mendorong beragam inisiatif masyarakat sipil dalam memanfaatkan media sosial untuk perubahan sosial.

Selain pelatihan teknis, selama pelatihan dibahas beragam topik yang terkait dengan pengelolaan program Desa 2.0.

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Print this pageEmail this to someone

Comments are closed.