Pelatihan Wiki untuk Pelaporan dan Manajemen Keuangan Program

Juli_21_2014_DESA_Pelatihan_wiki_awal

Senin     21 Juli 2014     Gambar
Tujuan     Pelatihan Wiki untuk Pelaporan dan Manajemen Keuangan Program
Lokasi     Wikimedia Indonesia.
Alamat     Jl. Pati No. 1, Menteng, Jakarta Pusat
Jam     10.00-16.00. WIB
Hadir
Siska Doviana
Biyanto Rebin
Yossy Suparyo
Agung Budi Satrio
Para Penerima Hibah Cipta Media

Ringkasan:
Gerakan Desa Membangun mengikuti pelatihan media Wiki untuk pelaporan dan manajemen keuangan. Pelatihan ini berlangsung sehari, Senin (21/7) di Kantor Wikimedia Indonesia di Jalan Pati No 1 Jakarta. Yossy Suparyo dan Agung Budi Satrio menjadi peserta acara ini.

Pengelolaan hibah Cipta Media dilakukan secara terbuka dan tanggung gugat. Penerima hibah melaporkan aktivitas program secara naratif, termasuk dukungan berkas bukti pendukung, seperti foto dan video dukumentasi. Setiap bulan, penggunaan anggaran dan bukti-bukti transaksi juga dilaporkan ke publik melalui media Cipta Media Seluler. Karena itu, para penerima hibah Cipta Media Seluler dilatih untuk terampil memanfaatkan kode wiki sebelum program dimulai pada Agustus 2014.

Pelatihan ini difasilitasi oleh para pegiat Wikimedia Indonesia Sisca Doviana dan Biyanto Rebin. Peserta dilatih mengelola akun, mengunggah berkas, menulis laporan narasi, dan membuat laporan keuangan. Selama pelaksanaan program, penerima hibah juga akan mendapat dukungan pendampingan dari Wikimedia setiap tiga bulan.

Menulis artikel Wikipedia sedikit berbeda dengan menulis di pengolah kata standar. Jika pada pengolah kata umumnya Anda mengetik seperti halnya yang tampak pada tampilan layar (What You See Is What You Get atau dikenal dengan istilah WYSIWIG), wiki menggunakan kode-kode sederhana untuk pemformatan. Cara ini mirip dengan penulisan HTML pada halaman web, namun kode ini lebih sederhana. Wiki dapat menerima beberapa tag HTML (HyperText Markup Language) secara langsung, namun umumnya orang menggunakan bahasa markup MediaWiki yang telah tersedia (built-in), yang dirancang untuk memudahkan penyuntingan. Untuk panduan menggunakan bahasa markup Media Wiki bisa mengunjungi halaman Panduan ini.

Selain mengikuti sesi pelatihan, Gerakan Desa Membangun memanfaatkan acara ini untuk berbagi pengalaman dan menjajagi kemungkinan kerjasama dengan lembaga-lembaga penerima hibah lainnya. Inisiatif ini disambut baik oleh sejumlah lembaga sehingga sejumlah diskusi kecil berlangsung hingga larut malam. Tak berlebihan bila Cipta Media Seluler mengusung slogan Saatnya Perubahan dalam Genggaman Kita.

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Print this pageEmail this to someone

Comments are closed.