Pramuka Bisa Terintegrasi, Caranya?

Bagaimanakah cara agar pramuka bisa terintegrasiMulyana Sandi, relawan IT dari Sukabumi mengatakan, pramuka saat ini belum terintegrasi yang berarti antar anggota pramuka di suatu wilayah masih berkelompok. Oleh karena itu, diperlukan sistem informasi pramuka agar setiap anggota bisa berdiskusi dan saling bertukar pikiran tanpa adanya batasan wilayah. Selama ini anggota pramuka hanya mendapat materi dari sekolahnya dan dari Jamboree On The Air-Jamboree On The Internet (JOTA-JOTI) yang diselenggarakan setiap tahun. Namun, pada JOTA-JOTI terbatas pada anggota tertentu saja. Dengan adanya sistem informasi tersebut Mulyana berharap keterampilan anggota pramuka bisa meningkat. Keterampilan ini bisa berbentuk materi atau pun tips kegiatan yang interaktif sehingga membuat pramuka lebih menyenangan. Ingin tahu sistem informasi seperti apa yang dibuat? Mari lihat petikan wawancara kami dengan Mulyana Sandi berikut.

T: Bagaimana cara untuk membuat pramuka terintegrasi?

J: Melalui aplikasi pramuka di android. Selain itu, ada situs webnya (dalam versi mobile) sehingga bisa diakses oleh pengguna ponsel biasa asalkan ponsel tersbeut memiliki fasilitas internet.

T: Isi situs webnya apa saja?

J: Isi situs web lebih ke pengelolaan, seperti membuat soal dan pengelolaan pembina.

T: Tujuan dari membuat aplikasi dan situs web adalah membentuk pramuka yang trendi, maksudnya seperti apa?

J: Pramuka yang trendi adalah ketika anggota pramuka mulai memanfaatkan ponsel dalam kegiatannya. Ini semacam membuat citra pramuka agar terlihat lebih modern.

T: Selain aplikasi dan situs web, akankah dibuat media sosial khusus pramuka?

J: Ya, akan dibuat Facebook khusus pramuka yang didalamnya berisi materi kepramukaan dan kuis yang diberikan oleh pembina kepada anggotanya. Misalnya, kuis berbentuk pertanyaan seputar sejarah dan sandi pramuka.

Untuk mengetahui harapan anggota pramuka terhadap aplikasi yang akan dibuat, silakan kunjungi pranala ini.

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Print this pageEmail this to someone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *