TENTANG CMS

MENGAPA CMS

Cipta Media Seluler adalah hibah terbuka yang mengajak individu, komunitas, atau organisasi memunculkan inisiatif-inisiatif untuk perubahan sosial yang lebih adil melalui penggunaan teknologi seluler. Hibah terbuka ini menyediakan dukungan dana sebesar 750 ribu dolar AS bagi inisiatif-inisiatif teknologi seluler terbaik yang dapat dimodifikasi dan dicontoh untuk diterapkan di daerah lain. Cipta Media Seluler diluncurkan pada 20 Januari 2014 (siaran pers), digagas sebagai upaya mendorong individu, komunitas dan organisasi dalam memanfaatkan seluler untuk perubahan sosial yang lebih adil. Kategori hibah terbagi menjadi tiga: produksi dan penyampaian konten, rekayasa piranti lunak, dan rekayasa perangkat keras.

Program ini digagas dan didanai oleh: Ford Foundation dan didukung oleh Wikimedia Indonesia, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia dan ICT Watch. Organisasi- organisasi ini berkolaborasi guna memberdayakan masyarakat dalam menggali potensi perangkat seluler sebagai medium penggerak upaya sosial untuk kehidupan yang lebih adil. Kami percaya teknologi penggunaan perangkat seluler untuk upaya membangun tatanan sosial yang lebih adil  belum dikembangkan secara maksimal di Indonesia. Para peneliti dan wartawan yang mencermati perkembangan industri perangkat seluler cenderung lebih fokus pada pertumbuhan penggunaannya oleh masyarakat Indonesia dan bukan menggali kemungkinan pemakaian seluler dalam memperjuangkan dan mengatasi kepentingan umum.

Meskipun terdapat kenyataan, bahwa akses dalam hal penggunaan perangkat seluler ini tinggi dan pengguna perangkat seluler di Indonesia lintas kelompok pendapatan masyarakat, baik di desa maupun di kota. Kami melihat kecenderungan media non komersial atau LSM lambat untuk mengembangkan inisiatif yang mengeksplorasi potensi medium seluler dibandingkan dengan medium lain seperti video, radio, dan situs web. Sementara itu  di sisi lain,  pelaku industri tetap memperlakukan pengguna perangkat seluler berpenghasilan rendah sebagai konsumen, dan bukan produsen konten yang dapat diaktifkan untuk menghasilkan pengetahuan tentang  nilai ekonomi informasi.

Cipta Media Seluler tertarik untuk mengeksplorasi penggunaan medium perangkat seluler  terutama dalam hal  partisipasi masyarakat, kebebasan berpendapat, dan upaya pemenuhan hak asasi manusia dalam menikmati kehidupan sosial yang lebih adil. Karena kami percaya bahwa manfaat sosial dan manfaat ekonomi dapat tumbuh secara beriringan. Dengan sistem partisipasi terbuka, masyarakat diharapkan ikut mendukung dan termotivasi oleh  program-program rintisan baru, yang dapat membuktikan bahwa media dan teknologi digital dapat dimanfaatkan untuk layanan umum yang lebih baik. Melalui hibah ini  diharapkan informasi yang  benar, berguna, dan akurat dapat disampaikan melalui teknologi yang tepat kepada masyarakat, yang membutuhkan informasi, sehingga mendorong munculnya kebijakan untuk media yang lebih baik.

Total hibah sebesar 750 ribu Dollar AS akan diberikan pada proposal terbaik, yang akan ditentukan oleh Tim Seleksi Akhir yang independen. Kesempatan lain yang juga dibuka oleh teknologi, yakni ruang cipta untuk inovasi baru melalui media untuk perbaikan sosial oleh masyarakat yang yang berjejaring (online) dalam penggunaan media. Upaya hibah terbuka untuk publik ini lebih terfokus dalam memanfaatkan teknologi seluler dan merupakan program lanjutan dari upaya sebelumnya, yang dilakukan pada tahun 2011 sampai 2013, dengan nama “Cipta Media Bersama”.

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Print this pageEmail this to someone